Main Article Content
Abstract
Isu penerapan prinsip strict liability (tanggung jawab mutlak) bagi produsen yang lalai dalam memenuhi tanggung jawab mereka, khususnya dalam konteks penjualan barang bekas, serta kaitannya dengan konsep negligence (kelalaian). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana kedua konsep ini saling berhubungan dan diterapkan dalam praktik, serta mengevaluasi implikasi hukumnya terhadap perlindungan konsumen dan kewajiban produsen. Melalui penelitian hukum normatif, kami mengadopsi pendekatan yang mengedepankan aspek hukum dan konseptual serta pengumpulan data, penelitian ini diharapkan mampu memberikan wawasan yang lebih mendalam mengenai keseimbangan antara tanggung jawab mutlak dan kelalaian dalam konteks penjualan barang bekas. Strict liability menuntut produsen untuk bertanggung jawab atas kerugian yang disebabkan oleh produk yang cacat atau berbahaya, terlepas dari ada atau tidaknya unsur kesalahan. Namun, dalam penjualan barang bekas, penerapan prinsip ini sering kali menjadi kompleks karena kondisi produk yang telah digunakan sebelumnya. Di sisi lain, negligence menekankan pada kegagalan produsen untuk memenuhi standar perawatan yang wajar, seperti tidak memberikan penggambaran yang jelas tentang kondisi barang atau tidak melakukan pemeriksaan yang memadai.
Keywords
Article Details
Copyright (c) 2025 Khairi Anggita Artani, Aris Machmud

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Attribution — You must give appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use.
ShareAlike — If you remix, transform, or build upon the material, you must distribute your contributions under the same license as the original.
No additional restrictions — You may not apply legal terms or technological measures that legally restrict others from doing anything the license permits.

References
- Ambodo, A. D. (2024). Pertanggungjawaban Pelaku Usaha Yang Tidak Menyediakan Jaminan Garansi Dalam Transaksi Jual Beli Handphone Dalam Perspektif Perlindungan Konsumen. Indonesian Journal of Law and Justice, 1(2), 81–91. https://doi.org/https://doi.org/10.61476/3yn7bn09
- Amory, J. D. S., Mudo, M., & J, R. (2025). Transformasi Ekonomi Digital dan Evolusi Pola Konsumsi: Tinjauan Literatur tentang Perubahan Perilaku Belanja di Era Internet. Jurnal Minfo Polgan, 14(1), 28–37. https://doi.org/10.33395/jmp.v14i1.14608
- Ardika, K., & Bagus Firmansyah, M. (2021). Perlindungan Hukum Terhadap Konsumen Di Dalam Membeli Barang Bekas/Barang Second. Jurnal Pacta Sunt Servanda, 2(1), 16–23. https://doi.org/10.23887/jpss.v2i1.451
- Artani, K. A. (2025a). Wawancara Dengan Pembeli (Andini) (p. 19 April 2025). p. 19 April 2025. Jakarta.
- Artani, K. A. (2025b). Wawancara Dengan Pembeli (Cecille) (p. 20 April 2025). p. 20 April 2025. Jakarta.
- Artani, K. A. (2025c). Wawancara Dengan Pembeli (Cinta) (p. 20 April 2025). p. 20 April 2025. Jakarta.
- Artani, K. A. (2025d). Wawancara Dengan Pembeli (Rifai) (p. 19 April 2025). p. 19 April 2025. Depok.
- Artani, K. A. (2025e). Wawancara Dengan Pembeli (Vivi) (p. 19 April 2025). p. 19 April 2025. Depok.
- Artani, K. A. (2025f). Wawancara Dengan Penjual (Rifai) (p. 19 April 2025). p. 19 April 2025. Depok.
- Chatrine Aurora Bere Mau, Karolus K. Medan, & Bhisa Vitus Wilhelmus. (2024). Pertanggungjawaban Pidana Terkait Kelalaian Pengobatan Tradisional Pada Suku Kemak di Kampung Sadi Kabupaten Belu Dalam Perspektif Hukum Positif Indonesia. Desentralisasi : Jurnal Hukum, Kebijakan Publik, Dan Pemerintahan, 2(1), 115–127. https://doi.org/10.62383/desentralisasi.v2i1.394
- Fitriana, R., Fuad, F., & Machmud, A. (2025). Perlindungan Hukum Terhadap Konsumen Pengguna Jasa Titip Online. Binamulia Hukum, 14(1), 43–52. https://doi.org/10.37893/jbh.v14i1.971
- Handriani, A. (2020). Perlindungan Konsumen Dalam Perjanjian Transaksi Jual Beli Online. Pamulang Law Review, 3(2), 127–138. https://doi.org/10.32493/palrev.v3i2.7989
- Haq, M., & Felandry, D. (2024). Prinsip Strict Liability Pelaku Usaha Dalam Rangka Mewujudkan Asas Keadilan Dan Kepastian Hukum Bagi Konsumen Berdasarkan Undang-Undang Nomor 8 …. Jotika Research In Business Law, 3(2), 86–96. https://doi.org/https://doi.org/10.56445/jrbl.v3i2
- Hasrina, C. D. (2022). MEMBANGUN JIWA KREATIFITAS DAN KEWIRAUSAHAAN MELALUI PEMANFAATAN BARANG BEKAS MENJADI BARANG BERNILAI EKONOMIS. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 6(4), 3065–3068. https://doi.org/10.31764/jpmb.v6i4.10961
- Hutabarat, N. E. R. (2024). Responsibilities of a Substitute Notary Due to His Negligence in Making a Deed Without Applying the Precautionary Principle. JURNAL ILMIAH ADVOKASI, 12(4), 593–606. https://doi.org/10.36987/jiad.v12i4.5686
- Luas, G. N., Irawan, S., & Windrawanto, Y. (2023). Pengaruh Konsep Diri Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 13(1), 1–7. https://doi.org/10.24246/j.js.2023.v13.i1.p1-7
- Mahmudi, A., Guntara, D., & Abas, M. (2024). Pandangan Yuridis Terhadap Perdagangan Barang Bekas yang di Hubungkan dengan Peratuan Perlindungan Konsumen. UNES Law Review, 6(3), 9248–9257. https://doi.org/https://doi.org/10.31933/unesrev.v6i3
- Nasir, T. K., & Triadi, I. (2024). Pertanggungjawaban Korporasi PT Kalimantan Ferro Industry Terhadap Kerusakan Lingkungan Sekitar Kawasan Industrinya Tahun 2023. DOKTRINA: JOURNAL OF LAW, 7(1), 102–110. https://doi.org/https://doi.org/10.31289/doktrina.v7i1.11493
- Natalia, N. K. P. P., Dewi, A. A. S. L., & Ujianti, N. M. P. (2022). Akibat Hukum dari Keterlambatan Pembayaran Spaylater bagi Pengguna E-Commerce Shopee. Jurnal Preferensi Hukum, 3(1), 196–200. https://doi.org/10.22225/jph.3.1.4683.196-200
- Pebiyanti, E., Fauzi, A., Husniyyah, T., & ... (2023). Pengaruh Kualitas Informasi, Persepsi Keamanan, dan Persepsi Privasi Terhadap Kepercayaan Pengguna Belanja Online (Literature Review). Jurnal Ekonomi …, 4(5), 850–858. https://doi.org/https://doi.org/10.31933/jemsi.v4i5
- Philipus, N. (2021). ETHICAL BUSINESS IN THE PERSPECTIVE OF PANCASILA MORALITY: A CRITICAL REVIEW. Jurnal Manajemen, 10(2), 55–72. https://doi.org/10.46806/jm.v10i2.752
- Prakoso, B. A. D., Sujana, I. N., & ... (2020). Perlindungan Hukum Terhadap Korban Penipuan Jual Beli Online. Jurnal Konstruksi …, 1(2), 266–270. https://doi.org/https://doi.org/10.22225/jkh.1.2.2591.266-270
- Rahman, Ma., Monica, A., & Achmad, Y. (2025). LITERATURE REVIEW: KUALITAS PELAYANAN DAN KEPUASAN PELANGGAN PADA PRODUK E-COMMERCE. EKONOMI BISNIS, 29(2), 78–89. https://doi.org/10.33592/jeb.v29i2.4536
- Riduwansah, R., Paturochman, I. R., Zulqarnain, Z., Muktar, M., & Fathmi, I. (2024). Buying And Selling Transactions On Social Media Are Prohibited: Review Of The Law Of Buying And Selling Between Justice, Welfare And Human Rights. Journal of Research in Social Science and Humanities, 4(2), 37–48. https://doi.org/10.47679/jrssh.v4i1.86
- Setyawan, A. S., & Mardjiono, A. (2025). Pertanggungjawaban Pelaku Usaha Terhadap Barang Cacat Produksi. Transparansi Hukum, 8(1), 62–73. https://doi.org/https://doi.org/10.30737/transparansi.v8i1
- Sherliny Widya, Habriyanto Habriyanto, & Marissa Putriana. (2024). Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Pakaian Bekas di Pasar Aurduri Kota Jambi. MASMAN : Master Manajemen, 2(3), 221–232. https://doi.org/10.59603/masman.v2i3.490
- Soemarwi, V. W. S., & Ridzkia, Y. (2023). PERLINDUNGAN HUKUM KONSUMEN TERHADAP PEREDARAN KOSMETIK PALSU BERDASARKAN UU NOMOR 8 TAHUN 1999 TENTANG PERLINDUNGAN KONSUMEN DAN PERATURAN BPOM NOMOR 23 TAHUN 2019. JURNAL RECTUM: Tinjauan Yuridis Penanganan Tindak Pidana, 5(1), 995–1010. https://doi.org/10.46930/jurnalrectum.v5i1.2864
- Susanto, A., Mu’minah, N., & ... (2025). ANALISIS HUKUM PENJUALAN BAJU THRIFT DI TIKTOK SHOP PERSPEKTIK HUKUM EKONOMI SYARIAH DAN HUKUM POSITIF. KASBANA …, 5(1), 43–70. https://doi.org/https://doi.org/10.53948/kasbana.v5i1.174
- Sylviana, G., Setiawan, D. A., Listyani, C., & ... (2024). Perlindungan Hukum Data Pengguna E-Wallet Atas Kebocoran Data yang Disalahgunakan Oleh Pinjaman Online. … Evidence Of Law, 3(3), 340–353. https://doi.org/https://doi.org/10.59066/jel.v3i3.765
- Wijaya, M. S., & Tjahyadi, R. A. (2023). Pentingnya Keahlian dan Kepercayaan dalam Membangun Loyalitas. Jurnal Ilmu Manajemen Dan Bisnis, 14(1), 21–28. https://doi.org/https://doi.org/10.17509/jimb.v14i1.54345
- Yusni, M., & Sigalingging, B. (2024). Pertanggungjawaban Pidana Korporasi Dalam Rangka Untuk Deterrence Effect Dan Effective Detterence. Iuris Studia: Jurnal Kajian …, 5(2), 425–437. https://doi.org/https://doi.org/10.55357/is.v5i2.633
References
Ambodo, A. D. (2024). Pertanggungjawaban Pelaku Usaha Yang Tidak Menyediakan Jaminan Garansi Dalam Transaksi Jual Beli Handphone Dalam Perspektif Perlindungan Konsumen. Indonesian Journal of Law and Justice, 1(2), 81–91. https://doi.org/https://doi.org/10.61476/3yn7bn09
Amory, J. D. S., Mudo, M., & J, R. (2025). Transformasi Ekonomi Digital dan Evolusi Pola Konsumsi: Tinjauan Literatur tentang Perubahan Perilaku Belanja di Era Internet. Jurnal Minfo Polgan, 14(1), 28–37. https://doi.org/10.33395/jmp.v14i1.14608
Ardika, K., & Bagus Firmansyah, M. (2021). Perlindungan Hukum Terhadap Konsumen Di Dalam Membeli Barang Bekas/Barang Second. Jurnal Pacta Sunt Servanda, 2(1), 16–23. https://doi.org/10.23887/jpss.v2i1.451
Artani, K. A. (2025a). Wawancara Dengan Pembeli (Andini) (p. 19 April 2025). p. 19 April 2025. Jakarta.
Artani, K. A. (2025b). Wawancara Dengan Pembeli (Cecille) (p. 20 April 2025). p. 20 April 2025. Jakarta.
Artani, K. A. (2025c). Wawancara Dengan Pembeli (Cinta) (p. 20 April 2025). p. 20 April 2025. Jakarta.
Artani, K. A. (2025d). Wawancara Dengan Pembeli (Rifai) (p. 19 April 2025). p. 19 April 2025. Depok.
Artani, K. A. (2025e). Wawancara Dengan Pembeli (Vivi) (p. 19 April 2025). p. 19 April 2025. Depok.
Artani, K. A. (2025f). Wawancara Dengan Penjual (Rifai) (p. 19 April 2025). p. 19 April 2025. Depok.
Chatrine Aurora Bere Mau, Karolus K. Medan, & Bhisa Vitus Wilhelmus. (2024). Pertanggungjawaban Pidana Terkait Kelalaian Pengobatan Tradisional Pada Suku Kemak di Kampung Sadi Kabupaten Belu Dalam Perspektif Hukum Positif Indonesia. Desentralisasi : Jurnal Hukum, Kebijakan Publik, Dan Pemerintahan, 2(1), 115–127. https://doi.org/10.62383/desentralisasi.v2i1.394
Fitriana, R., Fuad, F., & Machmud, A. (2025). Perlindungan Hukum Terhadap Konsumen Pengguna Jasa Titip Online. Binamulia Hukum, 14(1), 43–52. https://doi.org/10.37893/jbh.v14i1.971
Handriani, A. (2020). Perlindungan Konsumen Dalam Perjanjian Transaksi Jual Beli Online. Pamulang Law Review, 3(2), 127–138. https://doi.org/10.32493/palrev.v3i2.7989
Haq, M., & Felandry, D. (2024). Prinsip Strict Liability Pelaku Usaha Dalam Rangka Mewujudkan Asas Keadilan Dan Kepastian Hukum Bagi Konsumen Berdasarkan Undang-Undang Nomor 8 …. Jotika Research In Business Law, 3(2), 86–96. https://doi.org/https://doi.org/10.56445/jrbl.v3i2
Hasrina, C. D. (2022). MEMBANGUN JIWA KREATIFITAS DAN KEWIRAUSAHAAN MELALUI PEMANFAATAN BARANG BEKAS MENJADI BARANG BERNILAI EKONOMIS. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 6(4), 3065–3068. https://doi.org/10.31764/jpmb.v6i4.10961
Hutabarat, N. E. R. (2024). Responsibilities of a Substitute Notary Due to His Negligence in Making a Deed Without Applying the Precautionary Principle. JURNAL ILMIAH ADVOKASI, 12(4), 593–606. https://doi.org/10.36987/jiad.v12i4.5686
Luas, G. N., Irawan, S., & Windrawanto, Y. (2023). Pengaruh Konsep Diri Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 13(1), 1–7. https://doi.org/10.24246/j.js.2023.v13.i1.p1-7
Mahmudi, A., Guntara, D., & Abas, M. (2024). Pandangan Yuridis Terhadap Perdagangan Barang Bekas yang di Hubungkan dengan Peratuan Perlindungan Konsumen. UNES Law Review, 6(3), 9248–9257. https://doi.org/https://doi.org/10.31933/unesrev.v6i3
Nasir, T. K., & Triadi, I. (2024). Pertanggungjawaban Korporasi PT Kalimantan Ferro Industry Terhadap Kerusakan Lingkungan Sekitar Kawasan Industrinya Tahun 2023. DOKTRINA: JOURNAL OF LAW, 7(1), 102–110. https://doi.org/https://doi.org/10.31289/doktrina.v7i1.11493
Natalia, N. K. P. P., Dewi, A. A. S. L., & Ujianti, N. M. P. (2022). Akibat Hukum dari Keterlambatan Pembayaran Spaylater bagi Pengguna E-Commerce Shopee. Jurnal Preferensi Hukum, 3(1), 196–200. https://doi.org/10.22225/jph.3.1.4683.196-200
Pebiyanti, E., Fauzi, A., Husniyyah, T., & ... (2023). Pengaruh Kualitas Informasi, Persepsi Keamanan, dan Persepsi Privasi Terhadap Kepercayaan Pengguna Belanja Online (Literature Review). Jurnal Ekonomi …, 4(5), 850–858. https://doi.org/https://doi.org/10.31933/jemsi.v4i5
Philipus, N. (2021). ETHICAL BUSINESS IN THE PERSPECTIVE OF PANCASILA MORALITY: A CRITICAL REVIEW. Jurnal Manajemen, 10(2), 55–72. https://doi.org/10.46806/jm.v10i2.752
Prakoso, B. A. D., Sujana, I. N., & ... (2020). Perlindungan Hukum Terhadap Korban Penipuan Jual Beli Online. Jurnal Konstruksi …, 1(2), 266–270. https://doi.org/https://doi.org/10.22225/jkh.1.2.2591.266-270
Rahman, Ma., Monica, A., & Achmad, Y. (2025). LITERATURE REVIEW: KUALITAS PELAYANAN DAN KEPUASAN PELANGGAN PADA PRODUK E-COMMERCE. EKONOMI BISNIS, 29(2), 78–89. https://doi.org/10.33592/jeb.v29i2.4536
Riduwansah, R., Paturochman, I. R., Zulqarnain, Z., Muktar, M., & Fathmi, I. (2024). Buying And Selling Transactions On Social Media Are Prohibited: Review Of The Law Of Buying And Selling Between Justice, Welfare And Human Rights. Journal of Research in Social Science and Humanities, 4(2), 37–48. https://doi.org/10.47679/jrssh.v4i1.86
Setyawan, A. S., & Mardjiono, A. (2025). Pertanggungjawaban Pelaku Usaha Terhadap Barang Cacat Produksi. Transparansi Hukum, 8(1), 62–73. https://doi.org/https://doi.org/10.30737/transparansi.v8i1
Sherliny Widya, Habriyanto Habriyanto, & Marissa Putriana. (2024). Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Pakaian Bekas di Pasar Aurduri Kota Jambi. MASMAN : Master Manajemen, 2(3), 221–232. https://doi.org/10.59603/masman.v2i3.490
Soemarwi, V. W. S., & Ridzkia, Y. (2023). PERLINDUNGAN HUKUM KONSUMEN TERHADAP PEREDARAN KOSMETIK PALSU BERDASARKAN UU NOMOR 8 TAHUN 1999 TENTANG PERLINDUNGAN KONSUMEN DAN PERATURAN BPOM NOMOR 23 TAHUN 2019. JURNAL RECTUM: Tinjauan Yuridis Penanganan Tindak Pidana, 5(1), 995–1010. https://doi.org/10.46930/jurnalrectum.v5i1.2864
Susanto, A., Mu’minah, N., & ... (2025). ANALISIS HUKUM PENJUALAN BAJU THRIFT DI TIKTOK SHOP PERSPEKTIK HUKUM EKONOMI SYARIAH DAN HUKUM POSITIF. KASBANA …, 5(1), 43–70. https://doi.org/https://doi.org/10.53948/kasbana.v5i1.174
Sylviana, G., Setiawan, D. A., Listyani, C., & ... (2024). Perlindungan Hukum Data Pengguna E-Wallet Atas Kebocoran Data yang Disalahgunakan Oleh Pinjaman Online. … Evidence Of Law, 3(3), 340–353. https://doi.org/https://doi.org/10.59066/jel.v3i3.765
Wijaya, M. S., & Tjahyadi, R. A. (2023). Pentingnya Keahlian dan Kepercayaan dalam Membangun Loyalitas. Jurnal Ilmu Manajemen Dan Bisnis, 14(1), 21–28. https://doi.org/https://doi.org/10.17509/jimb.v14i1.54345
Yusni, M., & Sigalingging, B. (2024). Pertanggungjawaban Pidana Korporasi Dalam Rangka Untuk Deterrence Effect Dan Effective Detterence. Iuris Studia: Jurnal Kajian …, 5(2), 425–437. https://doi.org/https://doi.org/10.55357/is.v5i2.633