Peranan Aparat Dalam Pelayanan E-KTP di Kantor Kecamatan Kaledupa Kabupaten Wakatobi

Authors

  • Kariadin Kariadin Mahasiswa FISIP UM. Buton
  • Wa Ode Wati Nurbaena UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH BUTON

DOI:

https://doi.org/10.35326/kybernan.v4i1.311

Keywords:

Pelayanan, E-KTP, Wakatobi, Peranan

Abstract

Pemberlakuan E-KTP oleh pemerintah sebagai wujud reformasi dan penataan administrasi kependudukan, hanya saja E-KTP masih belum maksimal terutama dalam penyalurannya yang belum menjangkau keseluruhan populasi penduduk. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji peran aparat dalam pelayanan E-KTP di Kantor Kecamatan Kaledupa. Jenis penelitian kualitatif dengan tipe deskriptif, sampel menggunakan pusposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan wawancara, observasi dan telaah dokumen. Data kemudian dianalisis secara interaktif dan disajikan dalam bentuk deskriptif. Penelitian ini menjelaskan bahwa pelayanan E-KTP di Kantor Kecamatan Kaledupa berjalan optimal, pelayanan dilakukan dengan baik, penyampaian informasi yang jelas hingga pemberian layanan lainnya berlansung dengan baik. Hal ini dapat diukur melalui peran aparat menurut indikator daya tanggap (responsivenees), Kehandalan (Reability), Kompetensi (competence), Jaminan (assurance), Empati (emphaty) dan Akses (access). Hanya saja sarana dan prasarana yang terbatas dan operator yang tidak seimbang dengan jumlah masyarakat yang akan dilayani seringkali membuat pelayanan menjadi lambat dan tidak efektif.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2019-06-21

How to Cite

Kariadin, K., & Nurbaena, W. O. W. (2019). Peranan Aparat Dalam Pelayanan E-KTP di Kantor Kecamatan Kaledupa Kabupaten Wakatobi. Kybernan: Jurnal Studi Kepemerintahan, 2(1), 53–65. https://doi.org/10.35326/kybernan.v4i1.311

Issue

Section

Articles