Peranan Aparat Dalam Pelayanan E-KTP di Kantor Kecamatan Kaledupa Kabupaten Wakatobi
DOI:
https://doi.org/10.35326/kybernan.v4i1.311Keywords:
Pelayanan, E-KTP, Wakatobi, PerananAbstract
Pemberlakuan E-KTP oleh pemerintah sebagai wujud reformasi dan penataan administrasi kependudukan, hanya saja E-KTP masih belum maksimal terutama dalam penyalurannya yang belum menjangkau keseluruhan populasi penduduk. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji peran aparat dalam pelayanan E-KTP di Kantor Kecamatan Kaledupa. Jenis penelitian kualitatif dengan tipe deskriptif, sampel menggunakan pusposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan wawancara, observasi dan telaah dokumen. Data kemudian dianalisis secara interaktif dan disajikan dalam bentuk deskriptif. Penelitian ini menjelaskan bahwa pelayanan E-KTP di Kantor Kecamatan Kaledupa berjalan optimal, pelayanan dilakukan dengan baik, penyampaian informasi yang jelas hingga pemberian layanan lainnya berlansung dengan baik. Hal ini dapat diukur melalui peran aparat menurut indikator daya tanggap (responsivenees), Kehandalan (Reability), Kompetensi (competence), Jaminan (assurance), Empati (emphaty) dan Akses (access). Hanya saja sarana dan prasarana yang terbatas dan operator yang tidak seimbang dengan jumlah masyarakat yang akan dilayani seringkali membuat pelayanan menjadi lambat dan tidak efektif.