https://www.jurnal-umbuton.ac.id/index.php/Kybernan/issue/feed Kybernan: Jurnal Studi Kepemerintahan 2020-07-08T22:42:11+08:00 Andy Arya Maulana Wijaya andy.arya@umbuton.ac.id Open Journal Systems <p style="text-align: justify;">Kybernan: Jurnal Studi Kepemerintahan published by the Department Of Government University Muhammadiyah of Buton. This jurnal publish 2 (two) volume every year in April and September. Journals that aim as a publication media are the results of studies in the form of literature studies and the results of research related to government studies.</p> <p style="text-align: justify;">Kybernan; Jurnal Studi Kepemerintahan with the number P-ISSN <a href="http://u.lipi.go.id/1451527215">2502-2539</a> (Print), E-ISSN&nbsp;<a href="http://u.lipi.go.id/1560234574" target="_blank" rel="noopener">2684-9836 </a>(Online).&nbsp;Published by Government Department University Muhammadiyah Of Buton. This Journal focuses on 4 (four) main issues in governance studies, namely; Governance, Public Policy, Public Service and Social Change in the Government.</p> https://www.jurnal-umbuton.ac.id/index.php/Kybernan/article/view/580 PELAYANAN PRIMA MELALUI PENYELENGGARAAN MAL PELAYANAN PUBLIK DI INDONESIA 2020-07-08T22:42:00+08:00 Tiyas Nur Haryani tiyasnurharyani@staff.uns.ac.id Arnita Febriana Puryatama tiyasnurharyani@staff.uns.ac.id <p>Tujuan dari penulisan artikel ini adalah untuk menganalisis pelayanan prima pelayanan publik melalui penyelenggaraan mal pelayanan publik di Indonesia. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif penulis mendeskripsikan keadaan mengenai penyelenggaraan Mal Pelayanan&nbsp; publik sebagai bentuk dari pelaksanaan pelayanan prima dalam reformasi administrasi. Dari hasil analisis, diketahui bahwa pelayanan prima melalui Mal Pelayanan Publik di Indonesia ditandai oleh perubahan pada aspek struktur dan prosedur birokrasi dengan adanya efisiensi administrasi. Selain itu, pelayanan prima dalam aspek reformasi administrasi juga ditandai dengan adanya perubahan dari sisi perilaku dan sikap birokrasi yang condong pada paradigma <em>New Public Service</em> (NPS) yang berorientasi untuk memberikan pelayanan berkualitas kepada masyarakat.</p> 2020-04-20T00:00:00+08:00 ##submission.copyrightStatement## https://www.jurnal-umbuton.ac.id/index.php/Kybernan/article/view/581 PENGARUH KOMUNIKASI INTERPERSONAL TERHADAP KINERJA PENYULUH KELUARGA BERENCANA (PKB) DI BKKBN PROPINSI SULAWESI TENGGARA 2020-07-08T22:41:59+08:00 Faidha Faidha drsfaidha@gmail.com <p>Fenomena yang terjadi program yang dicanangkan oleh BKKBN Propinsi Sulawesi Tenggara &nbsp;berhadapat dengan beberapa masalah prinsipil, yaitu;&nbsp; adanya paradigma leluhur yang masih beranggapan bahwa banyak anak banyak rejeki, pendapat umum bahwa program Keluarga berencana bertentangan dengan nilai agama yang mereka percayai. Penelitian ini bermaksud mengkaji pengaruh komunikasi interpersonal yang dilakukan oleh kader Keluarga Berencana di Wilayah Sulawesi Tenggara. Penelitian dilakukan melalui pendekatan kuantitatif, dimana sampel dipilih menurut kebutuhan sebanyak 40 orang. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner. Selanjutnya penelitian menggunakan uji validitas (<em>test of validit</em><em>y</em><em>)</em> dan uji reliabilitas (<em>test of realiability</em>). Data kemudian diolah menggunakan Uji Validitas dan Uji Reabilitas, Dengan menguji pengaruh komunikasi interpersonal terhadap kinerja pegawai penyuluh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hubungan komunikasi interpersonal yang terdiri dari keterbukaan, empati, dukungan dan rasa positif ditingkatkan maka meningkatkan kinerja penyuluh. Sebaliknya, apabila terjadi komunikasi yang buruk akibat tidak terjalinnya hubungan yang baik, sehingga akan berdampak pada hasil kinerja yang tidak maksimal.</p> <p>&nbsp;</p> 2020-04-20T00:00:00+08:00 ##submission.copyrightStatement## https://www.jurnal-umbuton.ac.id/index.php/Kybernan/article/view/582 Evaluasi Pelaksanaan Perekaman Kartu Tanda Penduduk Elektronik Di Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil Kabupaten Buton 2020-07-08T22:41:58+08:00 La Asiri Aris Aris laasiriaris72@gmail.com <p>Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Evaluasi Pelaksanaan Perekaman KTP-el di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Buton. Penelitian ini menggunakan teori kriteria evaluasi&nbsp; Dunn (2012:728), yaitu efektivitas, efisiensi, kecukupan, dan responsifitas. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik deskriptif, dalam pemilihan informan menggunakan metode <em>purposive</em><em> sampling</em><em>.</em> Adapun teknik yang peneliti gunakan adalah wawancara, obsevasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis data lapangan. Komponen dalam analisis data diantaranya, reduksi data, display data, mengelompokkan data, dan menyimpulkan.</p> <p>Berdasarkan hasil penelitian data dapat disimpulkan bahwa program KTP-el sudah dicapai namun belum maksimal, dimana masih banyaknya ketidaksesuaian NIK di Kartu Keluarga dengan KTP-el, kemudian seiring dengan kekosongan balngko KTP-el menyebabkan pelayanan menjadi terlambat dan banyaknya data <em>duplicated record </em>karena belum adanya pengecekkan biometrik. Adapun saran dalam penelitian ini adalah perlunya dilakukan sosialisasi secara komprehensif dan perlunya ditambahkan aplikasi untuk cek biometrik supaya lebih efektif dan efisien.&nbsp;</p> 2020-04-20T00:00:00+08:00 ##submission.copyrightStatement## https://www.jurnal-umbuton.ac.id/index.php/Kybernan/article/view/513 KUALITAS LAYANAN KETERBUKAAN INFORMASI PUBLIK BERBASIS WEBPORTAL PADA PEJABAT PENGELOLA INFORMASI DAN DOKUMENTASI (PPID) KABUPATEN SLEMAN TAHUN 2019 2020-07-08T22:42:01+08:00 Coni Wanprala wanpralaconi@gmail.com Isnaini Muallidin wanpralaconi@gmail.com Dewi Sekar Kencono wanpralaconi@gmail.com <p>At present the development of technology and information has reached a<br> very rapid level. Technology and information are used as a service media in the<br> government environment which is also known as e-Government, one of which is the<br> service of public information disclosure. The central government through Law No. 14 of<br> 2008 concerning Openness of Public Information, encourages all Public Agencies<br> including the Sleman Regency Government to make transparency in the administration<br> of the state by utilizing information technology. This research is a qualitative<br> descriptive study which aims to describe the reality that occurs. The object of research<br> in this study is the official website of the Information and Documentation Management<br> Officer (PPID) of Sleman Regency with the domain https://ppid.slemankab.go.id then<br> the Sleman Regency Communication and Informatics Office as the organizer of the<br> public information disclosure program. The data collection technique itself is carried<br> out by means of interviews, documentation studies, and field observations<br> (observations). After collecting and presenting data, then the data will be reduced first<br> then analyzed and concluded. From the results of the study, in general the researchers<br> concluded that the Sleman Regency PPID website had reached the level of qualification<br> to become a quality website, however there were still some improvements and<br> evaluations that had to be done by the relevant agencies in order to be better, namely (i)<br> the website was still being assessed as a one-way service (ii) There are still many OPDs<br> that are not ready to implement PPID (iii) data and information are still not updated (iv)<br> lack of responsiveness of services in requests for information.</p> 2020-04-18T22:59:47+08:00 ##submission.copyrightStatement## https://www.jurnal-umbuton.ac.id/index.php/Kybernan/article/view/485 OPTIMALISASI OPTIMALISASI BADAN USAHA MILIK DESA DALAM MEMANFAATKAN POTENSI DESA (Studi Pada Desa Lampanairi Kecamatan Batauga Kabupaten Buton Selatan) 2020-07-08T22:42:03+08:00 Darmin Bone Hasirun darmin.hasirun@gmail.com <p>Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) didirikan untuk mengoptimalkan pemanfaatkan potensi-potensi desa yang dapat menunjang perekonomian masyarakat, dengan adanya lembaga ini akan memotivasi warga desa untuk lebih terlibat langsung mengembangkan usaha-usaha pertanian, peternakan maupun keterampilan lainnya sehingga masyarakat dapat membangun desanya tanpa berbondong-bondong ke daerah perkotaan karena di desa kurang memberikan peluang pekerjaan yang lebih baik dibanding daerah kota. Hal inilah yang menjadi tugas bagi pengurus BUMDes untuk menjawab berbagai persoalan yang dihadapi oleh masyarakat desa. Desa Lampanairi merupakan salah satu desa yang mempunyai banyak potensi yang belum dimanfaatkan secara maksimal seperti kondisi lahan pertanian masih banyak yang kosong dan dibiarkan tanpa digarap oleh pemiliknya, peternakan yang dikelola oleh masyarakat desa belum banyak berproduksi untuk dijual ke pasar-pasar lokal, daerah maupun di luar daerah, potensi keindahan pantai di sepanjang pesisir desa masih sepi pengunjung, kegiatan budaya desa hanya dijadikan rutinitas tanpa dikemas secara aktraktif untuk menarik minat para wisatawan, banyaknya para pemuda yang memilih berangkat merantau ke daerah lain daripada bertahan di desanya karena kurangnya potensi desa yang bisa dimanfaatkan.</p> 2020-04-15T22:50:46+08:00 ##submission.copyrightStatement## https://www.jurnal-umbuton.ac.id/index.php/Kybernan/article/view/543 Integritas ASN KPU Sumatera Utara Dalam Penyelenggaraan Pemilihan Kepala Daerah Sumatera Utara Tahun 2018 2020-07-08T22:42:04+08:00 Abd Rajab saptaandy@gmail.com <p><strong>Abstract:</strong> This study aims to find out how the attitude of the North Sumatra Provincial KPU ASN in carrying out an attitude of integrity includes aspects of professionalism, neutrality and national insight in organizing the Election of Governor and Deputy Governor of North Sumatra in 2018. This study uses qualitative research with synchronous science that tries to pay attention to the interrelationships between phenomena Election of the Governor and Deputy Governor of North Sumatra Province in 2018 with national and global realities related to the development of democratic life through the General Election event and the performance of the State Civil Apparatus (ASN) Secretariat of the Election Commission of the North Sumatra Province as the apparatus organizer in affection and cognition. The object of this research is ASN KPU North Sumatra Province's integrity and professionalism. While the subjects in this study consisted of 35 (thirty-five) staff in the General Election Commission (KPU). The conclusion of this research is the urgency of the research lies in improving the performance and professionalism of ASN, in a useful way, this research is useful to make the ASN figure as a civil service that is dedicated and provides maximum service to the general public.</p> <p><em>&nbsp;</em></p> <p><strong>keywords</strong>: integrity; nationalism insight; professionalism</p> <p><em>&nbsp;</em></p> <p><em>&nbsp;</em></p> <p><em>&nbsp;</em></p> <p><strong>Abstrak:</strong> Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana sikap ASN KPU Provinsi Sumatera Utara dalam menjalankan sikap integritas mencakup aspek profesionalisme, netralitas dan wawasan kebangsaan pada penyelenggaraan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Utara Tahun 2018. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan ilmu sinkronis yang mencoba memperhatikan keterkaitan antara fenomena lokal Pemlihan Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Sumatera Utara tahun 2018 dengan realitas nasional maupun global terkait perkembangan kehidupaan demokrasi melalui ajang Pemilihan Umum dan kinerja Aparatur Sipil Negara (ASN) Sekretariat Komisi Pemilihan Umum Provinsi Sumatera Utara sebagai aparatur penyelenggara secara afeksi dan kognisi. Objek dalam penelitian ini adalah integritas dan profesional ASN KPU Provinsi Sumatera Utara.&nbsp; Sedangkan subjek dalam penelitian ini terdiri dari Staf di Komisi Pemilihan Umum (KPU) sebanyak 35 (tiga puluh lima) orang. Kesimpulan dari penelitian ini adalah urgensi penelitian terletak pada peningkatan kinerja dan profesionalitas ASN, secara manfaat, penelitian ini bermanfaat untuk menjadikan sosok ASN sebagai aparatur sipil yang berdedikasi dan memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat umum.</p> <p><strong>&nbsp;</strong></p> <p><strong>kata kunci :</strong> Integritas; wawasan kebangsaan; profesionalisme</p> 2020-04-10T00:00:00+08:00 ##submission.copyrightStatement## https://www.jurnal-umbuton.ac.id/index.php/Kybernan/article/view/470 Kinerja Pengawas Pemilu Kab. Buton Selatan Dalam Menanggulangi Pelanggaran Pemilihan Gubernur Sulawesi Tenggara 2018 2020-07-08T22:42:06+08:00 La Ode Marlan mardan.ode24@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Kinerja Panwaslu dalam Menanggulangi Pelanggaran Pemilihan Gubernur Sulawesi Tenggara 2018, dan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja Panwaslu. Penelitian inim engunakan metode survey yang desainya dirancang dengan menggunakan Desain Deskriptif Kualitatif. Populasi dalam penelitian ini adalaha nggota Panwaslu Kab. Buton Selatan, Sementara penarikan sampelnya menggunakan <em>Non Probability</em>, Sampel untuk tujuan tertentu saja yang dianggap memiliki keterkaitan dengan objek yang diteliti karena tidak semua elemen dalam populasi mendapat kesempatan yang sama untuk dapat menjadi Informan.</p> <p>Hasil penelitian menunjukan, Kinerja Panwaslu Kab. Buton Selatan dalam menanggulangi Pelanggaran Pemilihan Gubernur Sulawesi Tenggara 2018, telah melaksanakan fungsinya secara baik dan maksimal, hal tersebut dapat dilihat dari pelaksaan tahapan-tahapan penyelenggaraan Pemilu, dari pengawasan pemutakhiran data pemilu (DPT), pelaksanaan kampanye, pengadaan Logistik, pelaksanaan pemungutan dan penghitungan suara, pergerakan surat suara/rekapitulasi surat suara serta pelaksanaan sosialisasi penyelenggaraan tidak ditemukan adanya Tindak Pidana pemilu, walaupun masih ada terdapat masalah-masalah lain seperti :belum maksimalnya kinerja PPS dalam melakukan pencoklitan, masihadanyawajibpilih yang belumterdaftartetapisudahmemenuhisyarat, adanya dugaan pelanggaran tindak pidana yang tidak terdeteksi, adanya pelanggaran terhadap prosedur pembukaan kotak suara, belum meratanya pemahaman <em>stakeholder </em>dalam melakukan pengawasan. Faktor-faktor yang mempengaruhi :(1) Kompetensi Individu, dari hasil penelitian pada Kantor Panwaslu Kab. Buton Selatan dimana Anggotanya memiliki pendidikan strata 1 (S1) dan Magister yang tentunya&nbsp; mempunyai Sumber Daya Manusia (SDM) yang sangat baik, dan pengalaman yang cukup menunjang serta ditopang dengan pelatihan-pelatihan yang telah dijelaskan pada bab sebelumya hal ini dapat dilihat dengan hasil yang sangat signifikan dimana tidak adanya ditemukan Pelanggaran Tindak pidana selama Pemilihan Gubernur berlangsung. (2) Dukungan Organisasi, hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti mengidentifikasi bahwasanya Kantor Panwaslu Kab. Buton Selatan, aspek sarana dan fasilitas kantor cukup baik, serta berbagai teknologi yang digunakan Anggota Panwaslu sangat menunjang progres dalam melakukan Pengawasan Pemlihan Gubernur. Dan Terbukanya akses serta dukungan beserta asistensi yang diberikan <em>Stakeholder</em> yakni KPU Kabupaten Buton Selatan, dan Bawaslu Provinsi Sulawesi Tenggara.</p> 2019-11-20T17:02:39+08:00 ##submission.copyrightStatement## https://www.jurnal-umbuton.ac.id/index.php/Kybernan/article/view/469 Evaluasi Program Indonesia Pintar Pada Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Kota Baubau Tahun 2017 2020-07-08T22:42:07+08:00 Hartini Zahimu tini.zh77@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui evaluasi Program Indonesia Pintar di lingkup Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Baubau tahun 2017 dan untuk mengetahui apakah ada hambatan yang ditemukan dalam pelaksanaan programIndonesia Pintar pada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Baubau tahun 2017. Populasi dalam penelitian ini adalah Penerima Program Indonesia Pintar tahun 2017, sedangkan Sampel yang digunakan pada penelitian ini yaitu data pada instansi Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Baubau&nbsp; tahun 2017,&nbsp; Jenis data Data Kuantitatif dan Data kualitatif, yaitu Analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah Analisis Deskriptif Kualitatif. (3) Berdasarkan hasil penelitian bahwa pelaksanaan Program Indonesia Pintar pada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Baubau tahun 2017, terdapat 9.413 penerima PIP, terdapat sebanyak 8.456 telah tersalurkan, serta sebanyak 957 penerima PIP yang dana nya dikembalikan ke pusat (Pemerintah Pusat) dikarenakan telah meninggal dunia, sudah tidak aktif di Sekolah dan siswa/siswi tersebut telah pindah sekolah.</p> 2019-11-20T16:56:16+08:00 ##submission.copyrightStatement## https://www.jurnal-umbuton.ac.id/index.php/Kybernan/article/view/467 Implementasi Kebijakan Peraturan Bupati Buton Selatan Nomor 4 Tahun 2016 Tentang Alokasi Dana Desa Pada Desa Lapandewa Kaindea 2020-07-08T22:42:08+08:00 Rusli Rusli rusli.rusimm@gmail.com <p>Implementasi Kebijakan Bupati Buton Selatan Nomor 4 Tahun 2016 tentang Alokasi Dana desa Pada Desa Lapandewa Kaindea. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuai Manfaat yang ditimbulkan dari kebijakan Bupati Buton Selatan Nomor 4 Tahun 2016 tentang Alokasi Dana Desa baik itu Pemerintah Desa maupun Masyarakat Desa. Penelitian ini menggunakan metode Deskriptif kualitatif, dimana penelitian ini bermaksud menyajikan suatu gambar yang terperinci tentang suatu situasi khusus, seting sosial, atau hubunga serta memberikan gambaran secara tepat sifat-sifat individu. Sumber Data Utama dalam penelitian ini adalah Wawancara, Informan, selebihnya adalah Data tambahan seperti Dokumen-dokumen, catatan, Laporan-lapaoran maupun Arsip resmi. Implementasi Kebijakan Bupati Buton Selatan Nomor 4 Tahun 2016 tentang lokasiI Dana Desa di Desa Lapandewa Kaindea dapat dikatakan belum Baik. Hal ini dilihat dari 2 indikator yaitu 1) Partisipasi, dimana Pemerintah Desa Lapandewa Kaindea belum sepenuhnya Melibatkan Masyarakat dalam pembahasan Alokasi Dana Desa, 2) Sumber Daya, Pemerintah Desa Lapandewa Kaindea dalam hal Sumber daya Aparat Desa sudah maksimal dalam Bekerja, tapi sebagian Aparat Desa belum sepenuhnya bekerja. Hasil Penelitian menunjukan bahwa 2 indikator pada Iplementasi Kebijakan Bupati Buton Selatan Nomor 4 Tahun 2016 tentang Alokasi Dana Desa did Desa Lapandewa Kaindea Belum Sepenuhnya melibatkan Masyarakat.</p> 2019-11-20T16:18:36+08:00 ##submission.copyrightStatement## https://www.jurnal-umbuton.ac.id/index.php/Kybernan/article/view/466 Optimalisasi Resolusi Konflik Agraria Antar Individu di Desa Sribatara Kecamatan Lasalimu Kabupaten Buton 2020-07-08T22:42:11+08:00 Deson Deson deson.desan90@gmail.com <p>Konflik seringkali menimbulkan korban baik harta, benda bahkan jiwa. Desa Sribatara Kecamatan Lasalimu seringkali ditemui adanya konflik oleh karena tidak adanya titik temu antar pihak dalam penggunaan lahan. Mengingat kerugian yang dapat ditimbulkan di kemudian hari maka konflik harus ditangani dengan cepat. Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui peranan pemerintah Desa Sribatara dalam menyelesaikan konflik antar individu di Desa Sribatara Kecamatan Lasalimu Kabupaten Buton. Serta untuk mengetahui hambatan-hambatan yang diperoleh pemerintah desa dalam penyelesaian konflik antar individu di Desa Sribatara Kecamatan Lasalimu Kabupaten Buton.</p> <p>Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Peranan pemerintah desa sudah berjalan dengan baik sebagaimana mestinya sesuai dengan tugas dan fungsinya masing-masing. Meskipun penanganan dari pemerintah desa tersebut masih belum terselesaikan secara keseluruhan, akan tetapi dalam hal ini pemerintah desa suda berupayah dalam mengatasi konflik antar individu dengan beberapa tindakan yang dilakukan oleh pemerintah desa 1. Tindakan mengurai masalah, 2. Pemecahan masalah, 3. Penghapusan atau penghilangan masalah. Untuk menyesaikan konflik antar individu pemerintah desa melakukan proses Arbitrase, Mediasi dan Konsiliasi, dan upaya yang dilakukan menunjukan pola yang tepat dalam proses musyawarah.</p> 2019-11-20T00:00:00+08:00 ##submission.copyrightStatement##