KEY SUCCES FACTOR KEPEMIMPINAN PEREMPUAN DI PEMERINTAH DAERAH

Authors

  • Andy Arya Maulana Wijaya UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH BUTON

DOI:

https://doi.org/10.35326/kybernan.v1i2.172

Keywords:

Kepemimpinan, Perempuan , Pemerintah Daerah

Abstract

Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengkaji sejumlah indikasi peran perempuan dalam kepemimpinannya di Pemerintah Daerah Kota Baubau. Penelitian di fokuskan pada dua tokoh pemimpin perempuan, yaitu Wakil Walikota Baubau Ibu Wa Ode Maasra Manarfa dan Sekretaris Daerah Kabupaten Buton Ibu Ichsana Maliki.

Penelitian ini menjelaskan latar belakang kehidupan pribadi dua tokoh pemimpin perempuan di daerah menjadi motivasi tersendiri bagi yang bersangkutan dalam berkiprah dalam politik lokal dan birokrasi daerah. Selain itu, motivasi pribadi juga menjadi factor penting bagi yang bersangkutan dalam bekarja termasuk sebagai pemimpin. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa, terdapat penciri khusus baggi pemimpin seorang perempuan yakni ketegasan, model pengambilan keputusan serta cara mengayomi bawahan, dan hal ini menjadikannya model kepemimpinan yang berbeda dengan laki-laki.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2016-09-01

How to Cite

Wijaya, A. A. M. (2016). KEY SUCCES FACTOR KEPEMIMPINAN PEREMPUAN DI PEMERINTAH DAERAH. Kybernan: Jurnal Studi Kepemerintahan, 1(2), 48–55. https://doi.org/10.35326/kybernan.v1i2.172