Partisipasi Masyarakat Dalam Penyelenggaraan Pemilukada Kabupaten Buton Tahun 2012 (Studi Pada Kelurahan Jaya Bakti Kecamatan Sampolawa)

  • Jusri Jusri UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH BUTON
Keywords: Partisipasi Politik, Pemilukada, Buton

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana partisipasi masyarakat Kelurahan Jaya Bakti Kecamatan Sampolawa dalam penyelenggaraan Pemilukada Kabupaten Buton.

Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif. Data dikumpulkan melalui (1) Penelitian kepustakaan (2) Penelitian lapangan (3) wawancara dan (4) Dokumentasi. Data kemudian dianalisis secara interaktif dan disajikan secara deskriptif.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa partisipasi masyarakat Kelurahan Jaya Bakti tergolong rendah. Yakni : (1) Kesadaran untuk mendaftarkan diri sebagai Pemilih Pada Pemilukada, (2) Partisipasi pada pelaksanaan Kampanye Calon Kepala Daerah adapun partisipasi hanya dilakukan oleh adanya motivasi sebagai huburan semata, dan (3) partisipasi pada saat pelaksanaan pemungutan suara. Beberapa factor yang menyebabkan rendahnya partisipasi seperti;  minimnya pengetahuan politik masyarakat, minimnya sarana informasi tentang proses pemilukada dan jauhnya lokasi pemungutan suara.

Published
2016-03-01
How to Cite
Jusri, J. (2016). Partisipasi Masyarakat Dalam Penyelenggaraan Pemilukada Kabupaten Buton Tahun 2012 (Studi Pada Kelurahan Jaya Bakti Kecamatan Sampolawa). Kybernan: Jurnal Studi Kepemerintahan, 1(1), 35-42. https://doi.org/10.35326/kybernan.v1i1.163
Section
Articles