Peran Kepala Sekolah sebagai Manajer dalam Mewujudkan Lingkungan Belajar yang Efektif di Sekolah Dasar
Keywords:
Kepala Sekolah, Manajemen Sekolah, Lingkungan Belajar EfektifAbstract
Lingkungan belajar yang efektif merupakan salah satu faktor penting dalam menunjang keberhasilan proses pembelajaran di sekolah dasar. Kepala sekolah memiliki peran strategis sebagai manajer dalam mengelola berbagai aspek untuk menciptakan lingkungan belajar yang kondusif, mulai dari perencanaan program, pengorganisasian sumber daya, supervisi pembelajaran, hingga membangun kolaborasi dengan seluruh warga sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran kepala sekolah sebagai manajer dalam mewujudkan lingkungan belajar yang efektif di SD Negeri 2 Wameo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi deskriptif. Subjek penelitian adalah kepala sekolah dan guru, dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam, observasi langsung, dan studi dokumentasi. Data dianalisis menggunakan model Miles dan Huberman, melalui tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepala sekolah telah merancang program-program peningkatan mutu pembelajaran dan pengelolaan sekolah secara bertahap sesuai kemampuan anggaran. Pembagian tugas dilakukan berdasarkan kompetensi guru dan staf, serta mendorong keterlibatan mereka dalam proses pengambilan keputusan. Supervisi pembelajaran dilaksanakan secara berkala untuk meningkatkan profesionalisme guru, meskipun masih terkendala oleh keterbatasan waktu dan beban administratif. Dampak positif terlihat pada terciptanya lingkungan belajar yang lebih tertib, bersih, dan menyenangkan bagi siswa.