Analisis Ketepatan Sasaran Penerima Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP-K) Pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Masyarakat Universitas Sriwijaya
Keywords:
KIP-K, Mahasiswa, SasaranAbstract
Hambatan finansial masih menjadi kendala utama bagi mahasiswa dari keluarga kurang mampu. Program Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP-K) diimplementasikan sebagai solusi untuk mengatasi hambatan tersebut, tetapi ketepatan sasaran penerimanya perlu dievaluasi lebih lanjut. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis ketepatan sasaran penerima KIP-K pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Masyarakat Universitas Sriwijaya. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Informan dalam penelitian ini berjumlah 11 orang terdiri dari 1 Kepala Desa, 6 mahasiswa penerima KIP-K, 3 orangtua mahasiswa, dan 2 mahasiswa bukan penerima KIP-K. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara langsung, observasi dan analisis data sekunder menggunakan metode Miles and Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa penerima KIP-K telah memenuhi kriteria berdasarkan dua indikator utama. Pada indikator ekonomi, mereka berasal dari keluarga dengan latar belakang ekonomi menengah ke bawah dengan pendapatan orangtua berkisar antara Rp 1.000.000 hingga Rp 1.500.000 per bulan, mayoritas bekerja sebagai petani karet. Pada indikator akademik, mahasiswa penerima KIP-K menunjukkan semangat belajar yang tinggi karena tidak terbebani oleh biaya perkuliahan, serta memiliki tanggung jawab untuk mempertahankan prestasi akademik mereka. Dapat disimpulkan bahwa program KIP-K pada Program Studi Pendidikan Masyarakat Universitas Sriwijaya telah tepat sasaran sesuai dengan tujuan program dalam mendukung mahasiswa dari keluarga kurang mampu untuk melanjutkan pendidikan tinggi.