Peran Guru Bahasa Indonesia dalam Mempercepat Kemampuan Membaca Siswa Sekolah Dasar
Keywords:
Peran Guru, Bahasa Indonesia, Kemampuan MembacaAbstract
Guru Bahasa Indonesia juga memiliki peran penting dalam mendukung perkembangan literasi digital siswa. Dalam era teknologi saat ini, keterampilan membaca tidak hanya terbatas pada buku cetak, tetapi juga mencakup pemahaman teks digital seperti artikel online, e-book, dan konten multimedia. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui Peran Guru Bahasa Indonesia dalam Mempercepat Kemampuan Membaca Siswa Sekolah Dasar. Jenis penelitian yang digunakan untuk menganalisis peran guru Bahasa Indonesia dalam mempercepat kemampuan membaca siswa di SD Negeri 1 Kaobula adalah penelitian kualitatif. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui beberapa metode yang dirancang untuk mendapatkan wawasan menyeluruh tentang peran guru Bahasa Indonesia dalam mempercepat kemampuan membaca siswa di SD Negeri 1 Kaobula. Proses analisis data kualitatif sering kali melibatkan pengkodean, pengelompokkan tema, dan pencarian pola yang muncul secara alami dari data. Hasil penelitian menunjukan bahwa peran guru Bahasa Indonesia sangat krusial dalam mempercepat kemampuan membaca siswa di SD Negeri 1 Kaobula. Metode pengajaran yang efektif, penggunaan media yang menarik, serta dukungan aktif dan konstruktif dari guru berkontribusi signifikan terhadap peningkatan keterampilan membaca siswa. Lingkungan belajar yang positif dan dukungan keluarga juga memainkan peran penting dalam kemajuan membaca siswa.