HUBUNGAN KEDISIPLINAN SISWA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SEKOLAH DASAR

Authors

  • Suardin Suardin Universitas Muhammadiyah Buton

DOI:

https://doi.org/10.35326/taksonomi.v2i2.2718

Keywords:

Hubungan, Kedisiplinan, Motivasi, Pembelajaran

Abstract

Tercapainya tujuan yang telah ditetapkan bahwa dalam proses pembelajaran yang menghasilkan kedisiplinan siswa di dalam kelas. Tujuannya adalah untuk mendisiplinkan siswa, sehingga siswa harus mematuhi aturan atau kebijakan yang berlaku di sekolah. Jawaban sementara pada variabel ini yaitu kedisiplinan siswa dapat berdampak pada motivasi belajar siswa. Adapun lokasi penelitian yaitu SD Negeri 2 Nganganaumala, dengan subjek penelitian sebanyak 21 siswa. Penggunaan metode penelitian ini yaitu kuantitatif dengan menggunakan teknik statistik atau pengukuran dalam sebuah peneltian. Jenis penelitian digunakan dengan penelitian expost facto, yang dimaksudkan untuk mengukur sebab dan akibat. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa semakin baik tingkat Kedisiplinan siswa maka semakin kuat motivasi belajar siswa di SD Negeri 2 Nganganaumala dalam proses pembelajaran, pada pengkuran uji korelasi variabel kedisiplinan siswa terhadap motivasi belajar siswa terdapat hubungan yang sangat signifikan.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-09-29

How to Cite

Suardin, S. (2022). HUBUNGAN KEDISIPLINAN SISWA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SEKOLAH DASAR. TAKSONOMI: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 2(2), 71–76. https://doi.org/10.35326/taksonomi.v2i2.2718