PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN BERMAIN PERAN (ROLE PLAYING) TERHADAP HASIL BELAJAR IPS PADA SISWA SEKOLAH DASAR

Authors

  • Nurmin Nurmin SD Negeri 1 Bungi Kota Baubau

DOI:

https://doi.org/10.35326/taksonomi.v2i2.2702

Keywords:

Model Pembelajaran, Bermain Peran, Hasil Belajar

Abstract

Proses pembelajaran IPS dilakukan oleh guru dengan menggunakan model pembelajaran sebagai pedoman. Rendahnya hasil belajar IPS yang rendah yang menjadi fokus dalam penelitian ini. Subjek dalam penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri 1 Bungi sebanyak 42 siswa. Sebuah studi eksperimental menggunakan desain kelompok kontrol acak saja dilakukan. Kuesioner hasil belajar siswa digunakan untuk mengumpulkan data dari ujian partisipasi. Penelitian ini terdapat 42 responden yang dibagi menjadi dua kelas dengan masing-masing 21 siswa yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Kemudian dibuat dua kelompok partisipan penelitian dari populasi tertentu. Penugasan secara acak dilakukan pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa memasukkan pengembangan model pembelajaran bermain peran terhadap pembelajaran IPS mempengaruhi hasil belajar siswa. Untuk meningkatkan hasil belajar IPS, siswa kelas IV SD Negeri 1 Bungi mengembangkan model pembelajaran bermain peran yang sangat berhasil dilakukan dalam penelitian ini.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-09-29

How to Cite

Nurmin, N. (2022). PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN BERMAIN PERAN (ROLE PLAYING) TERHADAP HASIL BELAJAR IPS PADA SISWA SEKOLAH DASAR. TAKSONOMI: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 2(2), 108–115. https://doi.org/10.35326/taksonomi.v2i2.2702