PENGARUH LINGKUNGAN BELAJAR DAN MOTIVASI SISWA TERHADAP PENDIDIKAN KARAKTER DI SEKOLAH DASAR

Authors

  • Sumiaty Sumiaty IAKN TORAJA
  • Kamasiah Kamasiah
  • Karim Karim

DOI:

https://doi.org/10.35326/taksonomi.v2i2.2695

Keywords:

Lingkungan, Motivasi, Pendidikan, Karakter

Abstract

Pendidikan karakter dapat dipengaruhi oleh lingkungan belajar dan motivasi siswa. Pembelajar mandiri menjadi orang yang lebih kuat yang dapat mengatasi hambatan di kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh lingkungan belajar dan motivasi belajar siswa terhadap pendidikan karakter di SD Satap VII Mengkendek Tana Toraja. Analisis ex-post facto adalah teknik penelitian kuantitatif yang digunakan dalam penelitian ini. Adapun penelitian ini bertempat di SD Satap VII Mengkendek Tana Toraja. Subjek dalam penelitian ini sebanyak 16 siswa. Analisis regresi digunakan untuk menguji temuan setelah statistik deskriptif dan inferensial digunakan untuk mengumpulkan data. Temuan penelitian menunjukkan bahwa 1) lingkungan belajar siswa memiliki dampak parsial terhadap pendidikan karakter; 2) motivasi belajar siswa berpengaruh secara parsial terhadap pendidikan karakter; dan 3) pengaruh gabungan lingkungan belajar siswa dan motivasi belajar secara parsial berpengaruh terhadap pendidikan karakter. Dengan menyelenggarakan kegiatan yang mendukung lingkungan belajar dan motivasi siswa, serta meningkatkan pengawasan dan pemantauan, konsep-konsep ini diyakini dapat meningkatkan pendidikan karakter.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-09-29

How to Cite

Sumiaty, S., Kamasiah, K., & Karim, K. (2022). PENGARUH LINGKUNGAN BELAJAR DAN MOTIVASI SISWA TERHADAP PENDIDIKAN KARAKTER DI SEKOLAH DASAR. TAKSONOMI: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 2(2), 83–91. https://doi.org/10.35326/taksonomi.v2i2.2695