PENDAMPINGAN PEMBELAJARAN EKSTRAKURIKULER BAHASA INGGRIS SISWA DALAM MENGHADAPI REVOLUSI INDUSTRI 4.0 PADA SEKOLAH DASAR INPRES GOWA
DOI:
https://doi.org/10.35326/pkm.v4i2.746Keywords:
Pendampingan, Ekstrakurikuler Bahasa Inggris, Revolusi Industry 4.0Abstract
Pengajaran bahasa Inggris di tingkat sekolah dasar (SD) yang dikembangkan sebagai salah satu pilihan kegiatan ekstrakurikuler. Namun, kendala yang terkait dengan kapasitas atau kemampuan guru maupun fasilitas sekolah dapat membuat siswa kurang termotivasi mempelajari bahasa Inggris. Kegiatan Pengabdian pada Masyarakat (PKM) ini bertujuan untuk memberikan pendampingan pada anak SD bahasa Inggris di Sekolah SD Inpres Sero Kabupaten Gowa dalam pembelajaran bahasa Inggris sebagai bahasa internasional pada pembelajaran bahasa Inggris ekstrakurikuler. Target yang dicapai dalam kegiatan yaitu menciptakan proses belajar mengajar bahasa Inggris yang menyenangkan serta menarik dan metode ke dalam bentuk pendampingan berupa: game, role play, storytelling dan metode conversation (Percakapan bahasa Inggris) di Sekolah Dasar Inpres Gowa ini melalui daring/online: zoom, WhatsApp (WA) Group, Google Classroom (dampak pandemic Covid-19). Hasil kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PKM) yang dilaksanakan SD Inpres Sero, Pao-Pao, Kecamatan Sungguminasa Kabupaten Gowa sangat berhasil atau mengalami peningkatan terutama peningkatan speaking dan listening dari hasil pre test listening (53,87%) dan speaking 55,32% setelah melakukan post test meningkat untuk listening (81,6%) dan speaking 82,3%.