Optimalisasi Kemampuan Perkalian Siswa Sekolah Dasar melalui Inovasi Permainan Kartu Domino Edukatif
Keywords:
kartu domino edukatif, matematika, pembelajaran interaktif, sekolah dasarAbstract
Seiring kemajuan teknologi, pendidikan matematika di Indonesia khususnya pada tingkat Sekolah Dasar memerlukan inovasi untuk mengatasi kesulitan memahami materi perkalian. Penelitian ini bertujuan mengoptimalkan pemahaman, keterampilan, dan motivasi belajar matematika siswa SD melalui penggunaan media pembelajaran inovatif yaitu permainan kartu domino edukatif. Kegiatan ini dilakukan oleh dosen dan mahasiswa Universitas Muhammadiyah Buton di Kelurahan Lanto, Kecamatan Batupoaro, Kota Baubau. Metode yang diterapkan terdiri dari tiga tahap, yaitu persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Pada tahap pelaksanaan, siswa diperkenalkan dengan kartu domino edukatif yang dirancang untuk membantu memahami konsep perkalian melalui permainan interaktif. Hasil dari kegiatan ini menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam pemahaman materi perkalian, semua peserta yang sebelumnya kesulitan dapat menjawab pertanyaan dengan benar setelah mengikuti kegiatan. Untuk mengukur kemampuan peserta setelah kegiatan serta melihat perbedaan pemahaman atau kemampuan sebelum dan sesudah kegiatan menggunakan metode evaluasi kualitatif berupa wawancara dan diskusi kelompok. Kartu domino edukatif terbukti efektif meningkatkan partisipasi, memperkaya pengalaman belajar, serta menumbuhkan minat dan motivasi siswa dalam belajar matematika. Namun, kegiatan ini memiliki keterbatasan, seperti waktu adaptasi yang diperlukan dan jumlah media yang terbatas. Oleh karena itu, pelatihan untuk guru dan orang tua serta pengembangan media pembelajaran lain di masa depan sangat diperlukan untuk keberlanjutan dan perluasan penggunaan metode ini.
Downloads
References
Adawiyah, A. R., & Kowiyah, K. (2021a). Analisis Kebutuhan Pengembangan Permainan Kartu Domino sebagai Media Pembelajaran Operasi Hitung Perkalian Siswa Kelas IV SD. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Budaya, 7(3), 115. https://doi.org/10.32884/ideas.v7i3.435
Adawiyah, A. R., & Kowiyah, K. (2021b). Pengembangan Media Kartu Domino pada Pembelajaran Matematika Operasi Perkalian Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2370–2376. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1224
Affandi, G. R., & Megawati, F. (2024). Joyful Learning & Media Pembelajaran: Teori Dan Penerapannya Pada Konteks Pendidikan. Umsida Press. https://doi.org/10.21070/2024/978-623-464-092-2
Ajizah, et al. (2023). Pengembangan Kartu Domino Pecahan Sebagai Media Pembelajaran Matematika Kelas II Sekolah Dasar. Http://Jiip.Stkipyapisdompu.Ac.IdJIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan) , 6(12), 10680–10686.
Antika, I. K. M., Renda, N. T., & Jayanta, I. N. L. (2023). Media Kartu Domino Modifikasi dengan Pendekatan Kontekstual pada Muatan Pembelajaran Matematika Kelas III Sekolah Dasar. Indonesian Journal of Instruction, 4(1), 30–41. https://doi.org/10.23887/iji.v4i1.50936
Arifudin, O. (2023). Analisis Teori Taksonomi Bloom Pada Pendidikan Di Indonesia. In Jurnal Al-Amar (JAA) (Vol. 4, Issue 1).
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.
Ginnis., P. (2008). Trik dan Taktik Mengajar. PT. Indeks.
Hariadi, M. F. (2019). Identifikasi Kesulitan Belajar Siswa Kelas V Pada Mata Pelajaran Matematika Di MI Al Ahyar Bagik Polak NTB. Jurnal Pendidikan Dasar, 10(1), 121–131. https://doi.org/10.21009/jpd.v10i1.11232
Juliansyah, R. A. (2019). Pengaruh Media Domino Matematika (Domat) Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas II SDN 99 Lingkar Barat Kota Bengkulu. INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI BENGKULU.
Kovalenko, O., Moskalenko, O., Moskalenko, Yu., & Cherkaska, L. (2022). Aspects Of Formation of Critical Thinking of Future Teachers of Mathematics in the Process of Studying Professionally Oriented Disciplines. Тhe Sources Of Pedagogical Skills, 29, 122–127. https://doi.org/10.33989/2075-146x.2022.29.264280
Larasati L. D., & Poedjiastoeti, S. (2016). Pengembangan Permainan Kartu Domino Kimiasebagai Media Pembelajaran Pada Materi Unsur Bagi Siswa Smalb Tunarungu. UNESA Journal of Chemical Education, 5(1), 115–119.
Mahendra, E. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kolaboratif Terhadap Hasil Belajar Matematika Dengan Mengontrol Bakat Numerik Peserta Didik. https://www.researchgate.net/publication/341453340
Nora Nasution. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Berbentuk Kartu Domino pada Pembelajaran Matematika Materi Perkalian Siswa Kelas III Sekolah Dasar. Al Yazidiy Jurnal Sosial Humaniora Dan Pendidikan, 5(1), 118–123. https://doi.org/10.55606/ay.v5i1.294
Permana, K. B. A., Renda, N. T., & Margunayasa, I. G. (2020). Model Pembelajaran Kolaboratif Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 3(2), 223. https://doi.org/10.23887/jp2.v3i2.26552
Piaget, J. (2005). The Psychology of Intelligence. Routledge.
Prihanto, D. A., & Yunianta, T. N. H. (2018). Pengembangan Media Komik Matematikapada Materi Pecahan Untuk Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Maju: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 5(1), 79–90.
Rahman, A. A., & Amalia, Y. (2019). Development of Domino Card as Math Learning Media to train students’ Conceptual understanding. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 9(2). https://doi.org/10.30998/formatif.v9i2.3089
Rochmiyatun, A. (2023a). Penerapan Metode Permainan Kartu Domino Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Matematika Materi Perkalian Kelas Iv Sd Islam Almumtaaz. Antologi Kajian Multidisiplin Ilmu (Al-Kamil), 1(1), 70–81.
Rochmiyatun, A. (2023b). Penerapan Metode Permainan Kartu Domino dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Matematika Materi Perkalian Kelas IV SD Islam Al-Mumtaaz. In Antologi Kajian Multidisiplin Ilmu (Al-Kamil) (Vol. 1, Issue 1).
Sadiman. (2006). Media Pendidikan.Jakarta. Raja Grafindo Persada.
Salehha, O. P., Khaulah, S., & Nurhayati. (2021a). Pengaruh Model Pembelajaran Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Berbantuan Kartu Domino. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 81–93. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i1.1015
Salehha, O. P., Khaulah, S., & Nurhayati, N. (2021b). Pengaruh Model Pembelajaran Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Berbantuan Kartu Domino. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 81–93. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i1.1015
Slavin, R. E. (2000). Educational Psychology: Theory and Practice. Allyn and Bacon.
Sudjana, N. (2009). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Remaja Rosdakarya.
Sutiarso S., Coesamin, M., & Nurhanurawati. (2018). The Effect Of Various Media Scaffolding On Increasing Understanding Of Students’ Geometry Concepts. Journal on Mathematics Education, 9(1), 95–102.
Uno, H. B. (2012). Model Pembelajaran: Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif. Bumi Aksara.
Wahyuni, R., & Azra, F. (2022). Pengembangan Permainan Kartu Domino Kimia sebagai Media Pembelajaran pada Materi Sistem Koloid Kelas XI SMA/MA. Edukimia, 4(2), 061–069. https://doi.org/10.24036/ekj.v4.i2.a350
Wahyuningtyas, S., Leonard, L., & Astuti, N. T. (2021). Developing MATMINO (Domino Mathematics) Learning Media in Grade 7 Algebra Material. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 11(1). https://doi.org/10.30998/formatif.v11i1.8158
Wardani, L., Rahmadhani, O., & Ermawati, D. (2024). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Pada Materi Perkalian Dengan Penerapan Metode Jarimatika Pada Kelas II SD. Jurnal Bima : Pusat Publikasi Ilmu Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 2(3), 92–102. https://doi.org/10.61132/bima.v2i3.1020
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat MEMBANGUN NEGERI

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
.jpg)




