Peran SDM dalam Meningkatkan Keunggulan Kompetitif melalui Diferensiasi Produk UMKM Kampoeng Aseupan dan Grill Ndeso

Authors

  • Wa Ode Zusnita Muizu Universitas Padjadjaran, Bandung, Indonesia
  • Dara Sagita Triski Universitas Padjadjaran, Bandung, Indonesia
  • Indah Siti Solehah Universitas Padjadjaran, Bandung, Indonesia
  • Patricia Mutiara Karinta Universitas Padjadjaran, Bandung, Indonesia
  • Mantika M Warahmah Universitas Padjadjaran, Bandung, Indonesia
  • Almas Afzal Albanna Universitas Padjadjaran, Bandung, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.35326/pkm.v9i1.7166

Keywords:

Diferensiasi Produk, Product knowledge, Sumber Daya Manusia, Standar Operasional Prosedur, KKN-PPM

Abstract

Studi ini merupakan bagian dari kegiatan Kuliah Kerja Nyata - Program Pengabdian kepada Masyarakat (KKN-PPM) Universitas Padjadjaran yang dilaksanakan di Desa Sukasari, Kecamatan Sukasari, Kabupaten Sumedang. Pengabdian ini bertujuan untuk menganalisis peran Sumber Daya Manusia (SDM) dalam meningkatkan keunggulan kompetitif UMKM Kampoeng Aseupan dan Grill Ndeso Desa Sukasari melalui diferensiasi produk. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif, dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan analisis dokumen. Tujuan kegiatan ini adalah untuk mengidentifikasi kondisi aktual SDM dan strategi pengembangan yang mendukung pencapaian keunggulan kompetitif berbasis diferensiasi produk. Hasil menunjukkan adanya penerapan Standar Operasional Prosedur (SOP) yang lebih sistematis, serta peningkatan pemahaman terhadap produk (product knowledge) yang secara signifikan berkontribusi dalam meningkatkan efisiensi operasional, mengurangi kesalahan pelayanan, dan meningkatkan kepuasan pelanggan. Implikasi praktis dari temuan ini menegaskan pentingnya pelatihan berkelanjutan dan penguatan manajemen SDM sebagai fondasi diferensiasi produk UMKM di wilayah pedesaan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ading, S. (2020). Pengembangan sumber daya manusia dengan berbasis inovasi untuk menghadapi revolusi industri 4.0. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 4(2), 397–407. http://www.journal.stiemb.ac.id/index.php/mea/article/view/504

Al-hafiz, I. M., & Sanggabuana, D. (2020). Pengaruh media Instagram, harga dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian Hijab Mazuscarf, 203–210.

Ananda, A. D., & Susilowati, D. (2019). Pengembangan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) berbasis industri kreatif di Kota Malang. Jurnal Ilmu Ekonomi, X(X), 120–142.

Andini, S., Saryono, S., Fazria, A. N., & Hasan, H. (2022). Strategi pengolahan sampah dan penerapan zero waste di lingkungan kampus STKIP Kusuma Negara. Jurnal Citizenship Virtues, 2(1), 273–281. https://doi.org/10.37640/jcv.v2i1.1370

Chukavina, T. D. B. (2022). Theoretical approaches to identifying creative industries. The Russian Science Foundation, 8(4), 310–326. https://doi.org/10.15826/recon.2022.8.4.024

Dangol, P. (2020). An analysis of factors improving productivity at work. Quantitative Economics and Management Studies, 1(4), 268–274. https://doi.org/10.35877/454ri.qems200

Dwijanto Witjaksono, A., Tri Wijayati Wardoyo, D., Rozaq, K., Nugrohoseno, D., Budiono, B., & Kusumaningum, T. M. (2023). Peningkatan kemampuan manajerial UMKM Sari Kedelai di Sumberrejo Kabupaten Pasuruan. Abimanyu: Journal of Community Engagement, 4(1), 33–38. https://doi.org/10.26740/abi.v4n1.p33-38

Hermanto, N., & Swastika, D. K. S. (2016). Penguatan kelompok tani: Langkah awal peningkatan kesejahteraan petani. Analisis Kebijakan Pertanian, 9(4), 371. https://doi.org/10.21082/akp.v9n4.2011.371-390

Irfan, M., Hakim, R., Sugandi, Y. S., & Halimah, M. (2023). Efektivitas program bantuan bagi pelaku usaha mikro di Kecamatan Cicalengka Kabupaten Bandung, 14(2), 619–624.

Naninsih, N., Handayani, S., Suriadi, Yuniningsih, T., Sudirman, A., Kasmawaru, Hasniaty, Fernos, J., Yasin, N. A., Susanto, R., Risambessy, A., Arianto, T., Fitriadi, Y., Azizah, N., Zusmawati, Rismayadi, B., Aziza, P. F., & Abaharis, H. (2023). MSDM (SDM era digital) (Issue 112).

Prasodjo, T., Saifuloh, N. I., Daud, A., Teknologi, I., Indonesia, B. N., & Makassar, U. I. N. A. (2024). Optimalisasi manajemen sumber daya manusia dalam administrasi publik untuk meningkatkan efisiensi layanan publik. 4(6), 46–53.

Rahman, F. (2022). Pengembangan usaha bisnis dalam membangun kemandirian pesantren. Jurnal Ilmiah Al-Tsarwah, 5(2), 88–103. https://doi.org/10.30863/al-tsarwah.v5i2.3832

Sakur. (2011). Kajian faktor-faktor yang mendukung pengembangan usaha mikro kecil dan menengah: Studi kasus di Kota Surakarta. Spirit Publik, 7(2), 85–110.

Singh, P. (2008). Job analysis for a changing workplace. Human Resource Management Review, 18(2), 87–99. https://doi.org/10.1016/j.hrmr.2008.03.004

Sudaryanto, A. P., & Hanny, S. (2023). Manajemen sumber daya manusia sektor publik menghadapi kemajuan kecerdasan buatan (artificial intelligence). Musamus Journal of Public Administration, 6(1), 513–521. https://doi.org/10.35724/mjpa.v6i1.5402

Utami, K. A. D., Wardani, K. D. K. A., & Gorda, A. A. N. E. S. (2023). Peningkatan daya saing UMKM kuliner di Desa Adat Panjer melalui pengembangan media pemasaran berbasis digital. Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(1), 1. https://doi.org/10.24198/kumawula.v6i1.38458

Downloads

Published

2025-06-16