Etika Digital dalam Pembuatan Konten Digital di Media Sosial

Authors

  • Dudi Rustandi Universitas Telkom, Bandung, Indonesia
  • Abdul Fadli Kalaloi Universitas Telkom, Bandung, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.35326/pkm.v8i2.4857

Keywords:

Literasi Digital, Etika, Media Sosial, Kreator Konten

Abstract

Kreator konten kini jadi fenomena, setiap orang memiliki orientasi menjadi kreator konten. Peristiwa apapun kini selalu menjadi sorotan bagi kreator konten tersebut. Namun, karena ekspektasi yang tinggi terhadap setiap kontennya agar banyak ditonton disukai atau dibagikan, beberapa konten minus etika. Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini dilaksanakan dengan metode service learning yaitu pengadaan workshop kepada Siswa/Siswi SMKN 3 Bandung mengenai terkait dengan etika digital dalam menciptakan konten di ruang digital. Adapun tujuan dari worskhop ini adalah memberikan pemahaman terhadap rambu-rambu etika dalam menciptakan konten digital untuk calon-calon konten kreator. Melalui service learning tim abdimas berharap peserta dapat menginternalisasikan materi dan direalisasikan dalam konten-konten yang diciptakan pengguna di media sosial. Berdasarkan pretest dan posttest, terjadi perubahan dalam pengetahuan siswa tentang etika digital dalam menciptakan konten. Berdasarkan diskusi yang dilakukan dengan peserta, terdapat perubahan signifikan dalam peningkatan wawasan tentang etika digital dan jenis-jenis pelanggaran di ruang digital.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-11-14