PENERAPAN MANAJEMEN BISNIS BERBASIS DIGITAL SEBAGAI UPAYA UNTUK MENINGKATKAN DAYA SAING USAHA PADA UMKM FAUJIH CAKE AND COOKIES

Authors

  • Zalkha Soraya Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Nurlina; M. Yusuf Alfian Rendra Anggoro Universitas Muhammadiyah Makassar

DOI:

https://doi.org/10.35326/pkm.v7i1.2910

Keywords:

Bisnis Digital; Daya Saing Usaha; Penerapan Manajemen

Abstract

Kegiatan Pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk terbukanya sharing ilmu dan pendampingan kepada pelaku usaha mikro Faujih Cake mengenai manajemen bisnis berbasis digital. Berdasarkan wawancara yang kami lakukan kepada Ibu Neneng, Pemilik UMKM Faujih Cake and Cookies, permasalahan yang dihadapinya adalah legalitas usaha, minimnya modal, keterbatasan peralatan, area produksi yang terbatas, keterbatasan mitra dalam hal penguasaan teknologi dan pemasaran yang hanya mengandalkan satu jenis sosial media, yakni aplikasi Whatsapp. Melalui kegiatan PKM ini, kami mencoba memberikan alternatif solusi yang dapat memecahkan permasalahan mitra, yakni branding dan kemasan, serta yang terkait dengan penguasaan teknologi. Meningkatnya pengetahuan dan keterampilan mitra dalam hal penguasaan teknologi dapat memecahkan dua permasalahan sekaligus, yaitu penguasaan teknologi dalam mengelola keuangannya dan juga penguasaan teknologi untuk memperbaiki teknik pemasarannya. Keterbatasan sumberdaya manusia dalam hal ini mitra tidak menguasai teknologi digital dalam mengelola usahanya menjadi titik poin perhatian kami. Mitra tidak melakukan penyusunan laporan keuangan karena dinilai merepotkan dan tidak memahami cara menyusunnya. Mitra juga memiliki saluran pemasaran yang terbatas karena keterbatasan dalam penggunaan teknologi digial. Selain itu, mitra juga belum memiliki branding dan kemasan, sehingga menyulitkannya dalam melakukan ekspansi pemasaran yang lebih luas. Solusi yang dapat kami tawarkan adalah memberikan pelatihan dan pendampingan penyusunan laporan keuangan dan laporan pajak berbasis digital. Pada aspek pemasaran, kami menawarkan solusi kepada mitra untuk melakukan pemasaran berbasis digital, sehingga informasi dapat lebih luas lagi menjagkau para calon konsumen. Namun sebelumnya, mitra harus memiliki pengetahuan tentang branding dan kemasan. Sehingga Branding dan kemasan menjadi syarat untuk melakukan perluasan pasar berbasis digital.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-04-02