Pengaruh Media Sosial, Harga dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Buket “By.Juwita” di Palembang
DOI:
https://doi.org/10.35326/jiam.v8i1.7159Keywords:
Media Sosial, Harga, Promosi, Keputusan PembelianAbstract
ABSTRAK
Meningkatnya persaingan dalam industri buket mendorong pelaku usaha menyusun strategi pemasaran. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keputusan pembelian konsumen melalui efek media sosial, harga dan promosi. Lokasi penelitian ini dilakukan pada usaha buket By Juwita yang terletak di Palembang. Jumlah responden sebanyak 96 orang yang didistribusikan melalui kuesinoner. Variabel terikat penelitian ini adalah Keputusan pembelian konsumen, sementara media sosial, harga, dan promosi bertindak sebagai variabel bebas. Hubungan antar variabel diuji menggunakan regresi berganda. Hasilnya menunjukkan bahwa media sosial dan promosi memiliki pengaruh positif dan signifikan, artinya semakin baik penggunaan media sosial dan semakin menarik promosi yang dilakukan, maka keputusan pembelian konsumen juga akan semakin meningkat. Sementara itu, variabel harga tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Secara simultan, ketiga variabel memberikan pengaruh positif dan signifikan, dengan nilai koefisien korelasi (R) sebesar 0,862 dan koefisien determinasi (R²) sebesar 74,3%. Hal ini membuktikan bahwa strategi pemasaran melalui media sosial dan promosi yang menarik berperan penting dalam mendorong keputusan pembelian konsumen.
ABSTRACT
The increasing competition in the bouquet industry encourages business actors to develop marketing strategies. This study aims to analyze consumer purchasing decisions through the effects of social media, price and promotion. The location of this research was conducted at the By Juwita bouquet business located in Palembang. The number of respondents was 96 people who were distributed through questionnaires. The dependent variable of this study is Consumer purchasing decisions, while social media, price, and promotion act as independent variables. The relationship between variables was tested using multiple regression. The results showed that social media and promotion have a positive and significant influence, meaning that the better the use of social media and the more attractive the promotion carried out, the consumer purchasing decisions will also increase. Meanwhile, the price variable does not have a significant influence on purchasing decisions. Simultaneously, the three variables have a positive and significant influence, with a correlation coefficient (R) of 0.862 and a determination coefficient (R²) of 74.3%. This proves that marketing strategies through social media and attractive promotions play an important role in encouraging consumer purchasing decisions.