PERAN MEDIASI REPUTASI PERUSAHAAN TERHADAP HUBUNGAN UKURAN DEWAN DIREKSI DAN RETURN SAHAM
DOI:
https://doi.org/10.35326/jiam.v3i1.611Keywords:
Ukuran Dewan Direksi, Reputasi Perusahaan, Corporate Image Index, Return SahamAbstract
Ukuran yang besar dari dewan direksi bermanfaat bagi perusahaan untuk membentuk reputasi dan menjadi sinyal baik bagi investor. Penelitian ini memiliki tujuan menginvestigasi pengaruh ukuran dewan direksi terhadap return saham baik secara langsung maupun secara tidak langsung melalui reputasi. Populasi dalam penelitian ini berupa semua perusahaan sektor manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) selama tahun 2015-2018. Penggunaan metode non-probability secara purposive terpilih 32 perusahaan sebagai sampel dalam penelitian ini. Data yang digunakan berupa data sekunder terdiri dari laporan tahunan, corporate image index, dan harga saham penutupan. Untuk menguji hipotesis digunakan metode analisis jalur dan uji sobel. Hasil analisis menyatakan bahwa ukuran dewan direksi berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap reputasi perusahaan. Ukuran dewan direksi dan reputasi perusahaan berpengaruh secara positif namun tidak signifikan terhadap return saham. Penelitian ini juga menemukan bahwa pengaruh dewan direksi terhadap return saham tidak dapat dimediasi oleh reputasi perusahaan.