BIAYA OPERASIONAL PENGARUHNYA KEPADA LABA USAHA PADA PT. PRIMA TRANSPORTASI

  • Hasni Hasni Universitas Muhammadiyah Buton
Keywords: Biaya, Biaya Operasional, Laba Usaha

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh biaya operasional terhadap laba usaha pada PT. Prima Transportasi. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kepustakaan, wawancara dan observasi. Sedangkan metode analisis data yang digunakan untuk menganalisis pengaruh biaya operasional terhadap laba usaha pada PT. Prima Transportasi digunakan metode regresi linear sederhana, analisis koefisien korelasi, analisis koefisien determinasi, dan pengujian hipotesis yakni dengan membandingkan nilai thitung dengan nilai t pada distribusi t tabel (ttabel), dimana analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan bantuan aplikasi SPSS versi 22.
Berdasarkan hasil pengujian hipotesis, diperoleh nilai thitung sebesar 14,874 dimana masih lebih besar daripada nilai t pada distribusi t tabel (ttabel) yakni berkisar pada angka 1,687 sehingga dapat diketahui bahwa adanya pengaruh negatif signifikan biaya operasional terhadap laba usaha pada PT. Prima Transportasi. Sesuai hasil analisis regresi linear sederhana ditemukan persamaan Y = 383,670 + 0,134X, dimana diketahui nilai konstanta yaitu sebesar Rp. 383,670 dan bilamana dalam sebulan terjadi pengeluaran biaya operasional sebesar Rp. 1 (X=1) maka diperkirakan hanya akan memberikan laba usaha sebesar Rp. 0,134. Berdasarkan hasil analisis koefisien korelasi diperoleh nilai korelasi berangka 0,93 dimana berada pada kisaran nilai pengaruh 0,90-1,00 sehingga diketahui bahwa biaya operasional dan laba usaha pada PT. Prima Transportasi memiliki hubungan yang sangat kuat, kemudian sesuai hasil analisis koefisien determinasi ditemukan nilai koefisien determinasi yaitu sebesar 86,7% yang menyatakan bahwa tingkat pengaruh biaya operasional terhadap laba usaha pada PT. Prima Transportasi yaitu sebesar 86,7% dan 13,3% lainnya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-06-10
How to Cite
Hasni, H. (2019). BIAYA OPERASIONAL PENGARUHNYA KEPADA LABA USAHA PADA PT. PRIMA TRANSPORTASI. Jurnal Ilmiah Akuntansi Manajemen, 2(1), 39-48. https://doi.org/10.35326/jiam.v2i1.253