BIAYA STANDAR SEBAGAI ALAT PENGENDALIAN BIAYA PRODUKSI PADA USAHA PAVING BLOCK CV. BATAKO ANUGERAH BAUBAU

  • Nining Asniar Ridzal Universitas Muhammadiyah Buton
Keywords: Biaya Standar, Pengendalian Biaya, Biaya Produksi

Abstract

Setiap perusahaan dalam operasinya mengharapkan keuntungan yang optimal. Untuk itu diperlukan pengorbanan biaya. Agar pengeluaran biaya ini efektif maka harus ada pengendalian biaya. Salah satu alat pengendalian biaya yang dapat digunakan adalah sistem biaya standar. Dengan sistem biaya standar, maka penyimpangan biaya yang terjadi akan mudah dianalisis. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui jumlah selisih antara biaya standar yang ditetapkan oleh perusahaan dengan biaya yang sesungguhnya terjadi. Analisis data menggunakan analisis varians.
Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa pada analisis varians biaya bahan baku, biaya tenaga kerja, dan biaya overhead pabrik menunjukkan adanya selisih lebih, karena biaya standar lebih tinggi dari biaya sesungguhnya. Untuk menghindari terjadinya pemborosan dan persediaan yang menumpuk, maka disarankan agar pihak manajemen dalam melakukan pembelian dan pemakaian bahan baku, pemakaian tenaga kerja, dan overhead pabrik perlu pengawasan yang lebih efektif dan dalam penetapan biaya standar tetap memperhitungkan biaya-biaya historis.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-06-10
How to Cite
Ridzal, N. (2019). BIAYA STANDAR SEBAGAI ALAT PENGENDALIAN BIAYA PRODUKSI PADA USAHA PAVING BLOCK CV. BATAKO ANUGERAH BAUBAU. Jurnal Ilmiah Akuntansi Manajemen, 2(1), 16-26. https://doi.org/10.35326/jiam.v2i1.251