ANALISIS PERTUMBUHAN PENJUALAN DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP PROFITABILITAS DALAM PERUSAHAAN GO PUBLIK (STUDI KASUS PADA PT. INDOFOOD SUKSES MAKMUR Tbk)
Keywords:
Pertumbuhan Penjualan, Ukuran Perusahaan, ProfitabilitasAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pertumbuhan penjualan dan ukuran perusahaan terhadap profitabilitas pada Perusahaan Go Publik (studi kasus pada PT. Indofood Sukses Makmur Tbk). Penelitian ini menggunakan data sekunder berupa laporan keuangan tahunan perusahaan PT. Indofood Sukses Makmur Tbk yang diperoleh melalui situs resmi Bursa Efek Indonesia. Pada penelitian ini, metode yang digunakan yaitu metode analisis deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian maka diperoleh kesimpulan bahwa kenaikan pertumbuhan penjualan yang diperoleh dalam periode triwulan, tidak menjamin dapat meningkatkan profitabilitas perusahaan PT. Indofood Sukses Makmur Tbk. Jaminan tersebut hanya didapatkan ketika diukur dan dilihat dari periode pertahun. Sedangkan untuk ukuran perusahaan yang dihitung dari logaritma natural asset, membuktikan bahwa naik atau turunnya ukuran perusahaan tidak berdampak pada meningkat atau menurunnya profitabilitas pada perusahaan PT. Indofood Sukses Makmur Tbk.