Main Article Content

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh dukungan sosial dan efikasi diri terhadap kesejahteraan psikologis pada mahasiswa akhir di Universitas Buana Perjungan Karawang. Menggunakan metode kuantitatif dengan desain penelitian asosiatif. Dalam penelitian ini terdapat 150 reponden mahasiswa tingkat akhir di Universitas Buana Perjuangan Karawang. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan  non-probability dengan convenience sampling. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini adalah Multidimensional Scale of Perceived Social Support (MSPPS), psychological capital dan Ryff’s Psychological Well-Being (RPWB). Analisis item dilakukan menggunakan correct item-total. Hasil uji regresi linear berganda pada uji T 0,004 < 0,05 dan pada uji F 0,00 < 0,05 artinya artinya hipotesis penelitian diterima atau ada pengaruh dukungan sosial dan efikasi diri terhadap kesejahteraan psikologis pada mahasiswa tingkat akhir di Universitas Buana Perjuangan Karawang. Hasil uji koefisien determinasi (Adjusted R squrarer) 46,9%, artinya sebanyak 46,9% dipengaruhi oleh dukungan sosial dan efikasi diri. Oleh karena itu peneliti selanjutnya dapat melakukan penelitian menggunakan variabel lain yang dapat memengaruhi kesejahteraan psikologis.

Keywords

Mahasiwa Tingkat Akhir Kesejahteraan Psikologis Dukungan Sosial Efikasi Diri

Article Details

How to Cite
Safira, S. B. P., Rohayati, N., & Ibad, M. (2024). Dari Sosial ke Mental: Efek Dukungan dan Efikasi Diri terhadap Kesejahteraan Psikologis pada Mahasiswa Tingkat Akhir. Sang Pencerah: Jurnal Ilmiah Universitas Muhammadiyah Buton, 10(4), 1196–1206. https://doi.org/10.35326/pencerah.v10i4.6375

References

  1. Adyani, L., Suzanna, E., Safuwan, S., & Muryali, M. (2019). Perceived Social Support And Psychological Well-Being Among Interstate Students At Malikussaleh University. Indigenous: Jurnal Ilmiah Psikologi, 3(2), 98–104. https://doi.org/10.23917/indigenous.v3i2.6591
  2. Aulia, S., & Panjaitan, R. U. (2019). Kesejahteraan Psikologis Dan Tingkat Stres Pada Mahasiswa Psychological Well-Being and Level of Stress Among the Last Year College Students. 7, 127–134.
  3. Awaliyah, A., & Arruum Listiyandini, R. (2018). Pengaruh Rasa Kesadaran terhadap Kesejahteraan Psikologis Pada Mahasiswa. Journal Psikogenesis, 5(2), 89–101. https://doi.org/10.24854/jps.v5i2.498
  4. Eva, N., Shanti, P., Hidayah, N., & Bisri, M. (2020). Pengaruh Dukungan Sosial terhadap Kesejahteraan Psikologis Mahasiswa dengan Religiusitas sebagai Moderator. Jurnal Kajian Bimbingan Dan Konseling, 5(3), 122–131. https://doi.org/10.17977/um001v5i32020p122
  5. Gregory D. Zimet, Nancy W. Dahlem, Sara G. Zimet, & Gordon K. Farley. (1988). The Multidimensional Scale of Perceived Social Support. In Journal of Personality Assessment (Vol. 52, Issue 1, pp. 30–41).
  6. Hardjo, S., & Novita, E. (2017). Hubungan antara dukungan sosial dengan psychological well-being pada remaja korban sexual abuse. Analitika, 7(1), 12–19. https://pdfs.semanticscholar.org/aa5a/2936e999b7f56c6b623a23d1f7974647521c.pdf
  7. Hidayat, E., & Darmawanti, I. (2022). Hubungan antara Dukungan Sosial dengan Stres Akademik pada Mahasiswa di Masa Pandemi Covid-19. Character:JurnalPenelitianPsikologi, 8(9), 166–178. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/character/article/view/48038
  8. Khoirunnisa, A., & Dewi Rosiana. (2023). Pengaruh Perceived Social Support terhadap Psychological Well-Being Mahasiswa yang sedang Menyusun Skripsi. Bandung Conference Series: Psychology Science, 3(2), 874–881.
  9. Laksana, S. O., & Virlia, S. (2019). Pengaruh Dukungan Sosial Terhadap Resiliensi Pada Mantan Pecandu Narkoba. Psychopreneur Journal, 3(2), 55–62. https://doi.org/10.37715/psy.v3i2.1371
  10. Luo, Z., Wu, S., Fang, X., & Brunsting, N. C. (2019). International students’ perceived language competence, domestic student support, and psychological well-being at a U.S. University. Journal of International Students, 9(4), 954–971. https://doi.org/10.32674/jis.v0i0.605
  11. Luthans, F., Youssef, C. M., & Avolio, B. J. (2007). Psychological Capital: Developing the Human Competitive Edge. In Psychological Capital: Developing the Human Competitive Edge.
  12. Maghfiro, F. F., & Dewi, T. K. (2023). Hubungan Kecemasan Karir Terhadap Kesejahteraan Psikologis Mahasiswa Tingkat Akhir. Sikontan Journal, 2(1), 23–38.
  13. Mahesti, N. P. R. E., & Rustika, I. M. (2020). Peran Kecerdasan Emosional dan Efikasi Diri terhadap Resiliensi pada Mahasiswa Universitas Udayana yang Sedang Menyusun Skripsi. Jurnal Psikologi Udayana, 7(2), 53. https://doi.org/10.24843/jpu.2020.v07.i02.p06
  14. MUSTIKASARI, D. A. (2019). Hubungan Efikasi Diri Dengan Kesejahteraan Psikologis Remaja Yang Tinggal Di Panti Asuhan. Jurusan Psikologi, 3(1), 18–23.
  15. Musyaropah, U., Haibar, R. A. L., Kusuma, N. A., Putri, A. I., & Aulia, A. (2022). Pengaruh Dukungan Sosial Teman Sebaya dan Efikasi Diri Terhadap Psychological Well-Being Mahasiswa di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Psikologi, 18(2), 171. https://doi.org/10.24014/jp.v18i2.16302
  16. Nuraini, A., & Nawangsih, E. (2022). Pengaruh Efikasi Diri Menyelesaikan Skripsi terhadap Kesejahteraan Psikologis pada Mahasiswa yang Sedang Menyusun Skripsi di Universitas Islam Bandung. Conference Series: Psychology Science, 2(2), 311–318.
  17. Putri, P. N. A., & Rustika, I. M. (2017). Peran Pola Asuh Autoritatif, Efikasi Diri, Dan Perilaku Prososial Terhadap Kesejahteraan Psikologis Pada Remaja Akhir Di Program Studi Pendidikan Dokter Gigi Fakultas Kedokteran Universitas Udayana. Jurnal Psikologi Udayana, 4(1), 151–164. https://doi.org/10.24843/jpu.2017.v04.i01.p16
  18. Ryff, C. D. (2013). Psychological well-being revisited: Advances in the science and practice of eudaimonia. Psychotherapy and Psychosomatics, 83(1), 10–28. https://doi.org/10.1159/000353263
  19. Shamsul Siddiqui. (2015). Impact of Self-Efficacy on Psychological Well-Being among Undergraduate Students. International Journal of Indian Psychology, 2(3). https://doi.org/10.25215/0203.040
  20. Sufirmansyah, S. (2015). Pascasarjana Prodi Pai Stain Kediri. 3(2), 133–156. http://dx.doi.org/10.30762/didaktika.v3i2.166
  21. Utami, W. (2016). Pengaruh Kecenderungan Neurotik Dan Self-Efficacy TerhadapPsychological Well Being Pada Mahasiswa Psikologi UniversitasMuhammadiyah Malang. Pengaruh Kecenderungan Neurotik Dan Self-Efficacy Terhadap Psychological Well Being Pada Mahasiswa Psikologi Universitas Muhammadiyah Malang, 1(2), 1–25.
  22. Yuliyani, R., Handayani, S. D., & Somawati, S. (2017). Peran Efikasi Diri (Self-Efficacy) dan Kemampuan Berpikir Positif terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 7(2). https://doi.org/10.30998/formatif.v7i2.2228