Main Article Content

Abstract

Pembelajaran dengan memberikan tugas tidak akan berarti apa-apa terhadap siswa bila hanya diberikan begitu saja, sehingga perlu diberikan umpan balik, sebab dengan umpan balik siswa dapat mengetahui keunggulan dan kelemahan dalam belajar. Penelitian bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas X SMA Muhammadiyah Bulukumba melalui penggunaan teknik umpan balik dalam pembelajaran biologi. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Subjek penelitian yakni kelas X SMA Muhammadiyah Bulukumba dengan jumlah 27 siswa. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas siswa mengalami peningkatan dari siklus 1 ke siklus II, hal ditunjukkan dengan terjadinya peningkatan persentase aktivitas siswa. Hasil belajar biologi siswa juga mengalami peningkatan di mana nilai rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I adalah 61,73 dengan kategori sedang meningkat pada siklus II dengan nilai rata-rata 75,56 dengan kategori tinggi. Dengan demikian, dapat ditarik kesimpulan bahwa melalui penggunaan teknik umpan balik dalam pembelajaran biologi maka terjadi peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas X SMA Muhammadiyah Bulukumba.

Keywords

Aktivitas Siswa Hasil Belajar Teknik Umpan Balik

Article Details

Author Biography

Tri Maniarta Sari, Universitas Sembilabelas November Kolaka

Program Studi Pendidikan Biologi

How to Cite
Ernawati, E., & Sari, T. M. (2020). Penggunaan Teknik Umpan Balik Dalam Pembelajaran Biologi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X Sma Muhammadiyah Bulukumba. Sang Pencerah: Jurnal Ilmiah Universitas Muhammadiyah Buton, 6(2), 42–47. https://doi.org/10.35326/pencerah.v6i2.567