Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak penggunaan gadget terhadap pembelajaran pada siswa sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan teknik kualitatif deskriptif sebagai metodologinya. Dalam penelitian, karena tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengumpulkan data, maka prosedur pengumpulan data merupakan tahapan yang paling strategis dan penting. Untuk mengumpulkan data peneliti menggunakan teknik sebagai berikut: 1) Wawancara (Interview); 2) Observasi; 3) Dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa dampak penggunaan gadget terhadap pembelajaran siswa dapat disimpulkan berbagai dampak negatif dari penggunaan gadget yang timbul diantaranya beberapa siswa menjadi seseorang yang individualis, lalai terhadap kewajibannya seperti belajar, tidak memperdulikan apapun sampai melupakan waktu seperti bermalas-malasan untuk mengaji, pembangkang dan siswa sering membantah orang tua. Hal ini sangat mempengaruhi tanggung jawab dan sikap religius siswa. Dampak tersebut disebabkan siswa yang terlalu sering menggunakan gadget dengan durasi yang terlalu lama dan kurangnya pengawasan dari orang tua yang membuat siswa menjadi kecanduan dan membuat siswa menjadi malas melakukan hal yang lebih bermanfaat.

Keywords

Penggunaan Gadget Pembelajaran Sekolah Dasar

Article Details

How to Cite
Manan, M., & Nur Aidah, W. O. (2024). Dampak Penggunaan Gadget terhadap Pembelajaran pada Siswa Sekolah Dasar. Sang Pencerah: Jurnal Ilmiah Universitas Muhammadiyah Buton, 10(1), 214–224. https://doi.org/10.35326/pencerah.v10i1.4907

References

  1. Anas salahudin, Irwanto Alkrienciehie. 2013. Pendidikan Karakter, Bandung: CV Pustaka Setia
  2. Ardy, Novan Wiyani. 2013. Membumikan Pendidikan Karakter di SD. Jogjakarta: AR-RUZZ MEDIA.
  3. Azizah, Tsalis Nurul. Pembentukan Pembelajaran Berbasis Pembiasaan dan Keteladanan Di SMA Sains Al-Qur’an Wahid Hasyim Yogyakarta. Skripsi, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, 2017.
  4. Bungin Burhan, Metodologi Penelitian Kualitatif Aktualisasi Metodologis ke Arah Ragam Varian Kontemporer Jakarta: Rajawali Pers,2001.
  5. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan (1997). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka
  6. Derry Iswidharmanjaya, B. A. (2014). Bila Si Kecil Bermain Gadget. Yogyakarta: Bisakimia.
  7. Derry Iswidharmanjaya, Bila Si Kecil Bermain Gadget: Panduan Bagi Orang Tua Untuk Memahami Faktor-Faktor Penyembab Siswa Kecanduan Gadget (Google Books,2014).
  8. Elis Suryani. 2021. Dampak Penggunaan Gadget Bagi Siswa Usia Dini, Jambi: Universitas Islam Negeri Suthan Thaha Saifuddin Jambi
  9. Farhan Aldino Santoso. 2020. Dampak Penggunaan Gawai Terhadap Pembelajaran Siswa SD, Jawa Tengah: Universitas Kristen Satya wacana
  10. Fathurrahman, Muhammad. 2015. Budaya Religius dalam Peningkatan Mutu Pendidikan: Tinjauan Teoritik dan Praktik Konstektualisasi Pendidikan Agama Islam di Sekolah, Cet. K3-1. Jogjakarta: Kalimedia.
  11. Gunawan, Imam. 2013. Metode Penelitian Kualitatif. Teori dan Praktik. Jakarta: PT Bumi Aksara.
  12. Hana pebriana, Putri. (2017). Analisis Penggunaan Gadget Terhadap Kemampuan Interaksi Sosial Pada Siswa Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Siswa Usia Dini.
  13. Handrianto, P (2016). Dampak Smartphone. http://sainsjournalfst11. web.unair.ac.id/artikel _detail 1-75305-KESEHATAN- Dampak%20Smart%20phone.html. Diakses 26 Januari 2018.
  14. Kemendiknas, Pengembangan Pendidikan Budaya Dan Karakter Bangsa: Pedoman Sekolah, (Jakarta: Balitbang, 2010).
  15. Kurnia Fatmawati, “Penanaman Pembelajaran dalam Pendidikan Kepramukaan di MI Ma’arif Banyukuning Kecamatan Bandungan Kabupatrn Semarang Tahun Ajaran 2015/2016,” Skripsi, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Walisongo, 2016.
  16. Kurniawan, Syamsul, (2013). Pendidikan Karakter. Yogyakarta: ARR-RUZZ MEDIA
  17. Majid, Abdul dan Dian Andayani. 2013. Pendidikan Karakter Perspektif Islam. Bandung: PT Rosda Karya.
  18. Manumpil. M.Dkk. 2015. Hubungan Penggunaan Gadget dengan Tingkat Prestasi Siswa di SMA NEGERI 9 Manado. Ejoural Keperawatan, (Online). Vol. 3, No. 2.
  19. Miles, M.B, Huberman, A.M, dan Saldana, J. 2014. Qualitative Data Analysis, A Methods Sourcebook, Edition 3. USA: Sage Publications. Terjemahan Tjetjep Rohindi Rohidi, UI-Press.
  20. Muhammad Farmawi, Bagaimana Memanfaatkan Waktu Siswa, (Jakarta: Gema Insani Press, 2001)
  21. Muhammad Fathurrohman, Budaya Religius Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan (Yogyakarta: KALIMEDIA, 2015).
  22. Muhammad Yaumi, M. Hum M,.M. A. Pendidikan Karakter Landasan, Pilar & Implementasi (Jakarta; Kencana, 2016).
  23. Nurlinda Hardianti. 2018. Analisis Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Perkembangan Sosial Siswa, Selong: Universitas Hamzanwadi
  24. Rubiyanto, R. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Surakarta: PSKGJ. FKIP UMS.
  25. Salahudin Anas dan Irwanto Alkrienciehie, 2013. Pendidikan Karakter (Pendidikan Berbasis Agama Dan Budaya Bangsa) Bandung: Pustaka Setia.
  26. Soemiarti Patmonodewo. Bunga Rampai Psikologi Perkembangan Pribadi: Dari Bayi Sampai Lanjut Usia, (Jakarta: Penerbit Universitas Indonesia,2001)
  27. Sugiyono (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta. CV.
  28. Suharsimi Arikunto, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek (Jakarta: Rineka Cipta, 2002).
  29. Suwarsi Hasil seminar pengaruh gadget terhadap perkembangan siswa pada tanggal 25 September 2016.
  30. Syamsul Kurniawan, Pendidikan Karakter: Konsepsi dan Implementasinya Secara Terpadu di Lingkungan Keluarga, sekolah, Perguruan Tinggi dan Masyarakat (Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2016).
  31. Tsalis Nurul Azizah. “Pembentukkan Pembelajaran Berbasis Pembiasaan dan Keteladanan Di SMA Sains Al-Qur‟an Wahid Hasyim Yogyakarta” Skripsi S1 Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta,2017).
  32. Verawati, W. O. C., Fazila, N., Safila, D., Sherly, S., Yusnan, M., & Alhasan, S. E. (2023). Orientasi Smart Parenting dalam Membangun Tumbuh Kembang Peserta Didik. Tematik: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 2(1), 91-94.
  33. Warsita dalam Afif Fatimatuz Zahro “Hubungan Intensitas Penggunaan Gadget Terhadap Kedisiplinan Menghafal Alquran Di pondok Pesantren Al Muntaha Cebongan Salatiga (Cirebon:2015)
  34. Wijanarko, Jarot & Setiawati, Ester, 2016. “Ayah Ibu Baik Parenting Era Digital”. Tangsel: Keluarga Indonesia Bahagia.
  35. Yun Nina Ekawati, dkk, “Konstruksi Alat Ukur Pembelajaran Siswa Sekolah Dasar”, (PSYCHO IDEA), Tahun 16, No.2, 2018.
  36. Zubaedi. 2011. Desain Pendidikan Karakter, Jakarta: KENCANA PRENADA GROUP.