Main Article Content
Abstract
Salah satu ciri pengajaran yang baik adalah pengajaran yang memiliki interaksi dua arah yaitu interaksi antara guru dengan siswa dan siswa dengan siswa, Media Serbaneka dapat mempermudah siswa dalam memahami materi yang diajarkan sehingga siswa akan lebih aktif dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya peningkatan hasil belajar IPS dengan menggunakan Media Serbaneka pada siswa kelas IV SD Negeri 2 Wameo, jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam II siklus, tiap siklus terdiri dari 4 tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Penelitian ini berlokasi di SD Negeri 2 Wameo dengan subek penelitian adalah 25 siswa yang terdiri dari 16 siswa laki-laki dan 9 siswa perempuan. Berdasarkan data hasil penelitian terjadi peningkatan pada siklus dari nilai rata-rata prasiklus yaitu 54,8 menjadi 64,8 pada siklus I dengan presentase ketuntasan 56% dengan 14 siswa yang tunntas sedangkan pada siklus II peningkatannya dapat dilihat pada perolehan nilai rata-rata yaitu 69,6 dengan presentase ketuntasan 80% dan jumlah siswa yang tuntas adalah 20 siswa. Berdasarkan data hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan Media Serbaneka dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas IV SD Negeri 2 Wameo.
Keywords
Article Details
Attribution — You must give appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use.
ShareAlike — If you remix, transform, or build upon the material, you must distribute your contributions under the same license as the original.
No additional restrictions — You may not apply legal terms or technological measures that legally restrict others from doing anything the license permits.