Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keefektifan media lagu dalam pembelajaran menulis cerpen bagi siswa kelas XI IPA SMA Swasta Talaga Besar. Hasil penelitian menunjukan bahwa ada perbedaan antara siswa yang menulis cerpen dengan menggunakan media lagu dengan siswa yang menulis cerpen tanpa menggunakan media lagu . Ini dibuktikan oleh perbedaan perolehan nilai rata-rata yaitu 8,8 untuk yang menggunakan media lagu dan 7,6 bagi yang tidak menggunakan media lagu. Pengolahan data penelitian yang dilakukan peneliti dengan nilai t, yang menunjukkan bahwa t hitung bernilai 1,78 sedang harga t tabel menunjukkan 1,67 pada taraf signifikansi 5% dengan taraf kebebasan (db) 58. Jadi harga t hitung lebih besar daripada harga t tabel. Dengan demikian, dilihat dari hasil perhitungan menunjukkan bahwa media lagu efektif diterapkan dalam pembelajaran menulis cerpen oleh siswa kelas XI IPA SMA Swasta Talaga Besar.
Keywords
Article Details
Attribution — You must give appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use.
ShareAlike — If you remix, transform, or build upon the material, you must distribute your contributions under the same license as the original.
No additional restrictions — You may not apply legal terms or technological measures that legally restrict others from doing anything the license permits.