PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBICARA PADA PEMBELAJARAN BERCERITA PENGALAMAN MEGGUNAKAN MEDIA SORTIR KARTU (SORT CARD) PADA SISWA KELAS X-3 SMA NEGERI 2 LASALIMU SELATAN

  • Tofan Stofiana Universitas Muhammadiyah Buton
Keywords: media, pembelajaran, sortir kartu

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan berbicara pada pembelajaran bercerita pengalaman meggunakan media sortir kartu (sort card) pada siswa Kelas X-3 SMA Negeri 2 Lasalimu Selatan. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Kemampuan bercerita pengalaman menggunakan media sortir kartu (sort card)  siswa kelas X-3 SMAN 2 Lasalimu Selatan meningkat sebesar 5,36 %. Pada siklus I nilai persentase keberhasilan sebesar 67,44 sedangkan pada siklus II nilai persentase keberhasilan menjadi 76,33; dan (2) Sikap dan persentase keterlibatan siswa semakin meningkat pada tiap pertemuan per siklusnya. Pada pertemuan pertama siklus I, jumlah yang mendukung adalah 46,6% dan menjadi 65,6% pada pertemuan berikutnya. Hal ini jika dihitung meningkat sebanyak 19%. Tidak hanya di situ pada pertemuan berikutnya yakni pertemuan pertama siklus II bertambah lagi 7,2% sehingga menjadi 72,8%. Peningkatan juga terjadi pada pertemuan kedua siklus II. Peningkatan itu terjadi sebesar 10,4% dan menjadi 83,2%.

Published
2019-06-20