Main Article Content
Abstract
Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui layanan informasi pembelajaran manajemen dan bisnis berbasis peta konsep dalam bimbingan dan penyuluhan pada siswa kelas IX SMP Negeri 11 Baubau. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan di SMP Negeri 11 Baubau Tahun Pelajaran 2015/2016. Subjek penelitian ini berjumlah 68 orang terdiri dari 43 laki-laki dan 25 perempuan. analisis-refleksi data langkah pembelajaran dengan menggunakan peta konsep adalah kegiatan eksplorasi, ivensi dan aplikasi. Kegiatan eksplorasi merupakan kegiatan orientasi (pengenalan awal) siswa mengenai konsep-konsep yang terdapat dalam suatu wacana. Kegiatan invensi adalah kegiatan pedalaman siswa terhadap konsep-konsep dalam suatu wacana. Kegiatan aplikasi adalah kegiatan menerapkan hasil belajar dalam kehidupan sehari-hari. Kendala yang dihadapi siswa dalam memahami konsep berasal dalam diri siswa adalah kebiasan belajar yang bersifat verbalisme menyebabkan siswa menemukan kesulitan dalam menganalisis konsep. Kendala yang berasal dari luar siswa adalah kendala sistem pendukung pembelajaran yaitu sarana dan prasarana yang kurang memadai, seperti alat-alat audio dan visual. Pelaksanaan pembelajaran melalui peta konsep dapat meningkatkan hasil belajar
Keywords
Article Details
Attribution — You must give appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use.
ShareAlike — If you remix, transform, or build upon the material, you must distribute your contributions under the same license as the original.
No additional restrictions — You may not apply legal terms or technological measures that legally restrict others from doing anything the license permits.
