Main Article Content

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui layanan   informasi  pembelajaran manajemen dan   bisnis   berbasis   peta   konsep   dalam bimbingan dan penyuluhan pada siswa kelas IX SMP Negeri 11 Baubau. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan di SMP Negeri 11 Baubau Tahun Pelajaran 2015/2016. Subjek penelitian ini berjumlah 68 orang terdiri dari 43 laki-laki dan 25 perempuan. analisis-refleksi data langkah pembelajaran dengan menggunakan peta konsep adalah kegiatan eksplorasi, ivensi dan aplikasi. Kegiatan eksplorasi merupakan kegiatan orientasi (pengenalan awal) siswa mengenai konsep-konsep yang terdapat dalam suatu wacana. Kegiatan invensi adalah kegiatan pedalaman siswa terhadap konsep-konsep dalam suatu wacana. Kegiatan aplikasi adalah kegiatan menerapkan hasil belajar dalam kehidupan sehari-hari. Kendala yang dihadapi siswa dalam memahami konsep berasal dalam diri siswa adalah kebiasan belajar yang bersifat verbalisme menyebabkan siswa menemukan kesulitan dalam menganalisis konsep. Kendala yang berasal dari luar siswa adalah kendala sistem pendukung pembelajaran yaitu sarana dan prasarana yang kurang memadai, seperti alat-alat audio dan visual. Pelaksanaan pembelajaran melalui peta konsep dapat meningkatkan hasil belajar

Keywords

peta konsep, program penyuluhan

Article Details

How to Cite
Julu, L. (2019). LAYANAN INFORMASI PEMBELAJARAN MANAJEMEN DAN BISNIS BERBASIS PETA KONSEP DALAM BIMBINGAN DAN PENYULUHAN PADA SISWA KELAS IX SMP NEGERI 11 BAUBAU. Sang Pencerah: Jurnal Ilmiah Universitas Muhammadiyah Buton, 3(2), 50–59. https://doi.org/10.35326/pencerah.v3i2.281