Main Article Content

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan Tujuan penelitian untuk mengetahui efektifitas penerapan model Problem Based Learning pada pelajaran Biologi untuk menigkatkan kompetensi dan kemampuan berpikir kritis siswa kelas X SMA Negeri 4 Baubau Tahun Pelajaran 2013/2014. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri atas dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi/evaluasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X-1 dan X-2 SMA Negeri 4 Baubau tahun pelajaran 2013/2014. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model Problem Based Learning (PBL) dapat (1) meningkatkan pemahaman konsep Biologi siswa; (2) meningkatkan kemampuan memecahkan masalah Biologi; (3) meningkatkan kemampuan menerapkan konsep-konsep Biologi; (4) meningkatkan sikap positif siswa  terhadap pelajaran Biologi; dan (5) meningkatkan  kemampuan berpikir kritis siswa.

Keywords

PBL, konsep Biologi, berpikir kritis

Article Details

How to Cite
azidin, A. (2019). PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA PELAJARAN BIOLOGI UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS X SMA NEGERI 4 BAUBAU. Sang Pencerah: Jurnal Ilmiah Universitas Muhammadiyah Buton, 3(2), 19–29. https://doi.org/10.35326/pencerah.v3i2.278