Pengaruh Konten Instagram Story Dan Persepsi Manfaat Terhadap Kepercayaan Zodiak (Studi Kasus Pengikut Instagram @Amrazing)
DOI:
https://doi.org/10.35326/medialog.v4i1.988Keywords:
Konten Instagram, Kepercayaan zodiakAbstract
Kehadiran media sosial Instagram dimanfaatkan secara beragam oleh penggunanya untuk membuat konten, termasuk yang dilakukan pemilik akun @amrazing dengan kontennya yang kental akan informasi Zodiak melalui fitur Instagram story. Zodiak menjadi jalan generasi milenial dalam meniti spiritualitas. Milenial yang memiliki tingkat stress tinggi menjadikan zodiak sebagai cara untuk meniti spiritualitas dan meliriknya menjadi alternatif penyembuhan. Maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh konten Instagram story @amrazing terhadap kepercayaan zodiak, mengetahui pengaruh persepsi manfaat terhadap kepercayaan zodiak dan untuk mengetahui pengaruh konten instagram story @amrazing dan persepsi manfaat terhadap kepercayaan zodiak dengan metode kuantitatif kausalitas. Penelitian ini menggunakan teori Technologu Acceptance Model (TAM) dengan menyebarkan kepada 100 orang sebagai sampling, dan pengolahan data menggunakan SPSS 21. Hasil uji statistik F adalah Ho tidak dapat ditolak karena memiliki nilai signifikansi ≤ 0,05 yaitu 0,000. Kemudian nilai Fhitung (70,247) > Ftabel (2,70). Semua variabel indepeden yaitu Konten Instagram dan Persepsi Manfaat pada model regresi secara serentak dan signifikan mempengaruhi variabel dependen yaitu Kepercayaan. Serta hasil dari koefisien determinasi dilihat dari adj. R Squarenya sebesar 0,583. Hal ini dapat diartikan bahwa pengaruh dari konten Instagram dan persepsi manfaat berpengaruh sebesar 58,3% terhadap trust, sedangkan 41,7% sisanya dipengaruhi oleh faktor lain. Adanya pengaruh konten instagram story @amrazing dan persepsi manfaat terhadap kepercayaan zodiak di era modern.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors should sign copyright transfer agreement when they have approved the final proofs sent by MEDIALOG: Jurnal Ilmu Komunikasi prior the publication