Aplikasi Tiktok Menjadi Media Hiburan Bagi Masyarakat Dan Memunculkan Dampak Ditengah Pandemi Covid-19
DOI:
https://doi.org/10.35326/medialog.v4i1.962Keywords:
Covid-19, Aplikasi Tiktok, HiburanAbstract
ABSTRAK
Penelitian ini berjudul, “FENOMENA APLIKASI TIKTOK MENJADI MEDIA HIBURAN BAGI MASYARAKAT DAN MEMUNCULKAN DAMPAK DITENGAH PANDEMI COVID-19” Tujuan dari kegunaan penelitian ini adalah untuk mengetahui fenomena pengguna aplikasi Tiktok ditengah pandemi Covid-19, bagaimana motif pengguna aplikasi Tiktok, tindakan pengguna aplikasi Tiktok serta bagaimana makna penggunaan aplikasi Tiktok ditengah pandemi Covid-19. Mentode penelitian yang digunakan peneliti dalam penelitian ini adalah Fenomenologi, dengan tipe penelitian yang bersifat kualitatif. Sedangkan teknik pengumpulan data Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara secara online. Wawancara melibatkan beberapa pengguna Tiktok. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara secara online. Wawancara melibatkan beberapa pengguna Tiktok. Berdasarkan hasil penelitain, diperoleh gambaran bahwa motif pengguna aplikasi Tiktok ditengah pandemi Covid-19 ialah sebagai media hiburan. Selanjutnya, tindakan pengguna aplikasi Tiktok untuk mengekspresikan kreativitasnya. Kemudian, makna penggunaan aplikasi Tiktok ditengah pandemi Covid-19 sebagai aplikasi media sosial edit video special effects yang digunakan sebagai hiburan. Saran-saran yang dapat peneliti sampaikan kepada pengguna aplikasi Tiktok sebaiknya jangan menjadikan aplikasi Tiktok sebagai gaya hidup tapi jadikanlah aplikasi ini sebagai suatu kebutuhan sekunder sebagai alat mengekspresikan diri dengan cara membuat video unik dan kreatif. Hendaknya pergunakan teknologi yang ada tapi jangan sampai terbawa oleh efek buruk yang dapat ditimbulkan.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors should sign copyright transfer agreement when they have approved the final proofs sent by MEDIALOG: Jurnal Ilmu Komunikasi prior the publication