Komunikasi Word Of Mouth Sebagai Salah Satu Bauran Promosi Diklat 3 In 1 Di Balai Diklat Industri Denpasar
DOI:
https://doi.org/10.35326/medialog.v4i1.951Abstract
Komunikasi word of mouth merupakan salah satu bauran promosi yang digunakan oleh suatu lembaga dalam mempromosikan atau memperkenalkan suatu program kegiatan dan atau suatu produk tertentu. Penelitian tentang word of mouth sebagai salah satu bauran promosi program Diklat 3 in 1, bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pengelolaan word of mouth ini dalam mempromosikan program diklat 3 in 1 di Balai Diklat Industri Denpasar (BDI Denpasar). Penelitian yang menggunakan metode kualitatif ini menggunakan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan melakukan wawancara kepada narasumber dari pimpinan BDI Denpasar dan para mitra industri animasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengelolaan word of mouth sebagai salah satu bauran promosi diklat 3 in 1 dilakukan dengan aspek managerial, yaitu yang meliputi aspek; planning, organizing, actuating, controlling. Sedangkan informasi pesan word of mouth meliputi; skema program Diklat 3 in 1, profil lembaga BDI Denpasar, uji sertifikasi keahlian, serta jaminan penempatan kerja setelah mengikuti diklat 3 in 1. Penyusunan pesan dikemas dalam bentuk teks dan media publikasi seperti; poster, banner, yang kemudian dipasang secara offline dan juga diunggah pada media online. Kesimpulannya pengelolaan word of mouth program diklat 3 in 1 di BDI Denpasar dilakukan dengan aspek managerial dan dijalankan oleh bagian Pengembangan dan Kerjasama, serta oleh para mitra industri kreatif.
Kata kunci; Promosi, word of mouth, manajerial, diklat 3 in 1.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors should sign copyright transfer agreement when they have approved the final proofs sent by MEDIALOG: Jurnal Ilmu Komunikasi prior the publication