Komunikasi Word Of Mouth Sebagai Salah Satu Bauran Promosi Diklat 3 In 1 Di Balai Diklat Industri Denpasar

Authors

  • Lukas Sugiyanto SekolahTinggi Desain InterStudi

DOI:

https://doi.org/10.35326/medialog.v4i1.951

Abstract

Komunikasi word of mouth merupakan salah satu bauran promosi yang digunakan oleh suatu lembaga dalam mempromosikan atau memperkenalkan suatu program kegiatan dan atau suatu produk tertentu. Penelitian tentang word of mouth sebagai salah satu bauran promosi program Diklat 3 in 1, bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pengelolaan word of mouth ini dalam mempromosikan program diklat 3 in 1 di Balai Diklat Industri Denpasar (BDI Denpasar). Penelitian yang menggunakan metode kualitatif ini menggunakan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan melakukan wawancara kepada narasumber dari pimpinan BDI Denpasar dan para mitra industri animasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengelolaan word of mouth sebagai salah satu bauran promosi diklat 3 in 1 dilakukan dengan aspek managerial, yaitu yang meliputi aspek; planning, organizing, actuating, controlling. Sedangkan informasi pesan word of mouth meliputi; skema program Diklat 3 in 1, profil lembaga BDI Denpasar, uji sertifikasi keahlian, serta jaminan penempatan kerja setelah mengikuti diklat 3 in 1. Penyusunan pesan dikemas dalam bentuk teks dan media publikasi seperti; poster, banner, yang kemudian dipasang secara offline dan juga diunggah pada media online. Kesimpulannya pengelolaan word of mouth program diklat 3 in 1 di BDI Denpasar dilakukan dengan aspek managerial dan dijalankan oleh bagian Pengembangan dan Kerjasama, serta oleh para mitra industri kreatif.

Kata kunci; Promosi, word of mouth, manajerial, diklat 3 in 1.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2021-03-06