Pengaruh Komunikasi Internal dan Komitmen Organisasi terhadap Loyalitas Kinerja Karyawan (Studi pada Bidang Manufatur PT Rudy Soetadi)
Pengaruh Komunikasi Internal dan Komitmen Organisasi terhadap Loyalitas Kinerja Karyawan
DOI:
https://doi.org/10.35326/medialog.v4i2.878Keywords:
Komunikasi Internal, Komitmen Organisasi, Loyalitas Kinerja KaryawanAbstract
Komunikasi internal dan komitmen organisasi dinilai berpengaruh pada loyalitas karyawan dalam perusahaan, salah satunya adalah PT. Rudy Soetady yang bergerak di bidang manufactur dan menghasilkan produksi berupa kosmetik dan healthy care. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh komunikasi internal (X1) dan komitmen organisasi (X2) terhadap loyalitas kinerja karyawan (Y) PT Rudy Soetadi. Hipotesis penelitian ini adalah: tidak ada pengaruh komunikasi internal (X1) terhadap loyalitas kinerja karyawan (Y), tidak ada pengaruh komitmen organisasi (X2) terhadap loyalitas kinerja karyawan (Y), dan tidak ada pengaruh komunikasi internal dan komitmen organisasi terhadap loyalitas kinerja karyawan PT Rudy Soetadi. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan melakukan survei pada karyawan PT Rudi Soetady. Data dianalisis dengan melakukan uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji linieritas, uji homogenitas, analisi regesi linier sederhana, analisi koefisien determinasi dan analisi korelasi. Hasil penelitian ini adalah komunikasi internal memiliki pengaruh terhadap loyalitas kinerja karyawan PT. Rudi Soetady yang dibuktikan oleh nilai t hitungĀ X1 sebesar 2,340 > 1.984 dan nilai Sig. 0,011 < 0,05. Komitmen organisasi memiliki pengaruh terhadap terhadap loyalitas kinerja karyawan PT. Rudi Soetady yang dibuktikan oleh nilai t hitung X2 sebesar 14,997 > 1,984 dan Sig. 0,000 < 0,05. Komunikasi intenal (X1) dan komitmen organisasi (X2) memiliki pengaruh terhadap loyalitas karyawan yang dibuktikan oleh nilai 258,276 > 3,04 dan nilai Sig. 0,011 < 0,05 dan uji koefisien nilai R square sebesar 0,670 (67,0%). Variabel komunikasi internal (X1) dan komitmen organisasi (X2) terhadap loyalitas kinerja karyawan(Y) mengarah pada hubungan yang positif atau saling berpengaruh.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors should sign copyright transfer agreement when they have approved the final proofs sent by MEDIALOG: Jurnal Ilmu Komunikasi prior the publication