Cyber Public Relation dalam Akun Instagram @Official.Antam PT. Aneka Tambang untuk Menghadapi Revolusi Industri 4.0
DOI:
https://doi.org/10.35326/medialog.v4i1.876Keywords:
Cyber Public Relation, Instagram, Revolusi Industri 4.0Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penggunaan Cyber Public Relation di media sosial PT. Aneka Tambang khususnya dalam instagram @official.antam dalam menghadapi revolusi industri 4.0. Sebagai pondasi penelitian ini menggunakan 7-Cs PR Communications. Penliti hanya mengambil sub fokus dalam Channel, Content, Clarity, Continuity and Consistency. Penelitian ini meggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif, teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah teknik wawancara mendalam, observasi. Informan dalam penelitian ini berjumlah 6 orang yan dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling.Untuk menguji keabsahan data peneliti menggunakan triangulasi data. Hasil penelitian ini adalah Cyber Public Relation pada PT Aneka Tambang di Media Sosial dalam menghadapi Revolusi Industri 4.0 menggunakan instagram @official.antam denganĀ segementasi khalayak dewasa muda yang banyak menggunakan aplikasi instagram sebagai Channel. Content @official.antam memiliki isi konten berupa informasi mengenai perusahaan baik produk maupun fungsi perusahaan, peringatan hari besar, kegiatan csr, dan informasi seputar pengetahuan umum. Dalam Clarity (Kejelasan) konten instagram antam memiliki kejelasan dalam penyampaian isi konten, Pihak antam menggunakan bahasa yang baku untuk menyampaikan isi pesan. Untuk Continuity and Consistency (Keberlanjutan dan Kosistensi) @official.antam mengunggah kontennya regulary setiap hari. Instagram PT. Aneka Tambang Tbk bertujuan untuk company expose untuk menunjukkan eksistensi perusahaan di media sosial khususnya instagram.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors should sign copyright transfer agreement when they have approved the final proofs sent by MEDIALOG: Jurnal Ilmu Komunikasi prior the publication