Analisis Komunikasi Persuasif Pada Akun Instagram Frelynshop Dalam Meningkatkan Brand Image
DOI:
https://doi.org/10.35326/medialog.v3i2.788Keywords:
Brand Image, Komunikasi Persuasif, Media sosialAbstract
Kehidupan masyarakat masa kini sudah semakin dipermudah seiring dengan hadirnya internet di Indonesia. Data Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia mengungkapkan bahwa jumlah pengguna internet di Indonesia sebesar 143,26 juta pada bulan Maret 2018. Media sosial merupakan media yang berkembang pada era komunikasi interaktif. Media sosial yang paling banyak digemari oleh masyarakat salah satunya adalah Instagram. Online shop merupakan strategi baru dalam perdagangan. Salah satu online shop yang menggunakan Instagram adalah Frelynshop yang di dirikan sejak tahun 2013 dan selalu melakukan komunikasi persuasif di instagramnya. Frelynshop menanamkan persepsi kepada konsumen bahwa Frelynshop merupakan online shop terbaik, terlengkap, dan ter-readystock. Meskipun sudah berjalan 5 tahun dan memiliki followers yang tergolong banyak di Instagram, Frelynshop masih mendapatkan komen atau review yang bersifat negatif dari para pembelinya. Berdasarkan ini, peneliti tertarik meneliti komunikasi persuasif yang dilakukan oleh Frelynshop dalam meningkatkan brand image di media sosial Instagram. Penelitian ini bertujuan untuk memahami komunikasi persuasif yang dilakukan oleh Frelynshop dalam meningkatkan brand image di media sosial Instagram. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian dalam penelitian ini adalah dalam meningkatkan brand image, Frelynshop melakukan dengan konsisten untuk selalu memenuhi kebutuhan konsumennya dan melakukan beberapa kegiatan seperti giveaway, spam likes, QnA, dan live di Instagram secara konsisten sehingga mendapatkan respon yang positif dari konsumennya.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors should sign copyright transfer agreement when they have approved the final proofs sent by MEDIALOG: Jurnal Ilmu Komunikasi prior the publication