Analisis Ilustrasi Sosok Jokowi Dalam Penanganan Pandemi Covid-19 Pada Sampul Majalah Tempo
DOI:
https://doi.org/10.35326/medialog.v3i2.786Keywords:
mpul majalah;pandemi Covid-19,semiotikaAbstract
Majalah menjadi salah satu media penyebaran informasi di Indonesia yang menjangkau target pembaca yang segmented. Sampul majalah merupakan pintu masuk sebuah media cetak, setiap redaksional media mempunyai ciri khas dan karakternya sendiri dalam menentukan gaya sampul majalahnya secara konsep maupun teknik. Pada masa pandemi Covid-19 majalah Tempo menjadikan sosok Jokowi sebagi sampul majalah mereka. Ilustrasi dan teks yang digunakan merupakan bentuk kritikan terhadap kebijakan dalam penanganan Covid-19.Penelitian ini ingin mengkaji makna pada sampul majalah Tempo dalam edisi yang menampilan sosok Presiden Joko Widodo dalam menangani tahapan krisis pandemi Covid-19 di Indonesia. Metode yang digunakan dengan pendekatan kulitatif dan analisis semiotika Pierce. Analisis dilakukan pada empat edisi majalah Tempo yang menampilkan sosok Jokowi pada edisi 9-15 Maret 2020, 16-22 Maret 2020, 6-17 April 2020 dan 1-7 Juni 2020. Hasil penelitian ini pemaknaan pada sampul majalah Tempo di masa ini terbagi menjadi tiga tahap dalam menampilkan sosok presiden Joko Widodo.Masa awal krisis,maintance dan resolusi. Pada tiap tahapannya, sosok Jokowi dalam bentuk ilustrasi ditampilkan secara satire, metafora dan personifikasi. Pada masa Pandemi Covid-19 sosok Jokowi ditampilkan sebagai bentuk kritik media terhadap segala kebijakan yang dikeluarkan pada masa pemerintahan presiden Jokowi.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors should sign copyright transfer agreement when they have approved the final proofs sent by MEDIALOG: Jurnal Ilmu Komunikasi prior the publication