Komunikasi Persuasi Humas Direktorat Jenderal Pajak Melalui Seminar Pajak Bertutur Pada Mahasiswa Universitas Nasional Jakarta

Authors

  • Muhammad Infaqi Junaedi The London School of Public Relations Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.35326/medialog.v3i2.650

Abstract

Pendapatan Negara di Indonesia mengalami penurunan di dalam membayar pajak. Hal itu mendorong Humas Direktorat Jenderal Pajak untuk mensosialisasikan sadar pajak salah satunya melalui seminar pajak bertutur, dalam memberikan informasi humas direktorat Jenderal Pajak tidak terlepas dari proeses komunikiasi persuasi yang di gunakan untuk mempengaruhi audience. Penelitian ini menggunakan metodelogi kualitatif. Teori yang digunakan adalah teori komunikasi persuasi Hovland/Yale oleh Perloff. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Bagaimana komunikasi persuasi Humas Direktorat Jenderal Pajak melalui seminar pajak bertutur pada mahasiswa Universitas Nasional Jakarta. Teknik pengumpulan data primer yang dilakukan adalah dengan menggunakan wawancara semi terstruktur. Kemudian data sekunder diperoleh melalui studi kepustakaan untuk memperoleh data dari buku, internet dan website. Selain itu, data sekunder juga diperoleh dari data internal Humas Direktorat Jenderal Pajak. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa Komunikasi persuasi yang di gunakan oleh Direktorat Jenderal Pajak melalui seminar pajak bertutur pada mahaisiswa Universitas Nasional Jakarta sesuai dengan tahapan proses komunikasi persuasi.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2020-08-25