STRATEGI KOMUNIKASI EKSTERNAL HUMAS POLDA KALTENG UNTUK MENJAGA CITRA POSITIF
DOI:
https://doi.org/10.35326/medialog.v7i2.6251Keywords:
Komunikasi, Strategi Komunikasi Eksternal, Citra PositifAbstract
Kepolisian Republik Indonesia senantiasa menjadi perhatian masyarakat Indonesia, baik dalam hal gaya hidup pribadi maupun penanganan berbagai kasus. Sepanjang tahun 2022-2023, citra POLRI mengalami penurunan yang signifikan, disertai dengan laporan mengenai pelayanan yang kurang memuaskan masyarakat. Menyanggapi hal tersebut, Kepolisian Daerah Kalimantan Tengah, sebagai bagian dari POLRI, melalui Bidang Hubungan Masyarakat, berupaya membangun dan mempertahankan citra institusi melalui berbagai bentuk komunikasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan strategi komunikasi eksternal yang diterapkan oleh Bidang Hubungan Masyarakat Polda Kalteng dalam menjaga citra positif. Metodologi penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data meliputi wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa strategi komunikasi eksternal Humas Polda Kalteng mencakup pemanfaatan beragam platform media sosial seperti Instagram, Facebook, X, TikTok, dan YouTube untuk menyebarkanluaskan informasi serta berinteraksi dengan masyarakat. Selain itu, Humas Polda Kalteng juga menjalin kemitraan dengan berbagai media cetak dan elektronik lokal untuk publikasi berita. Strategi implementasi ini diterapkan agar Humas Polda Kalteng dapat membangun citra positif serta memperluas jangkauan informasi kepada masyarakat Kalimantan Tengah.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 MEDIALOG: Jurnal Ilmu Komunikasi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors should sign copyright transfer agreement when they have approved the final proofs sent by MEDIALOG: Jurnal Ilmu Komunikasi prior the publication