SOSTAC Branding Analysis Of Charming Palembang As A Tourism City
Analisis SOSTAC Branding Charming Palembang Sebagai Kota Wisata
DOI:
https://doi.org/10.35326/medialog.v7i2.5786Keywords:
Pariwisata, Dinas Pariwisata, Branding, Charming Palembang, SOSTACAbstract
Sejak tahun 2018 sektor pariwisata di Kota Palembang memperbarui brand pariwisatanya. Pemerintah Kota Palembang dalam hal ini Dinas Pariwisata bersama dengan pihak Kementerian Pariwisata akhirnya sepakat untuk melahirkan tagline baru untuk meningkat sektor pariwisata di Palembang. Meskipun sudah sering menyelenggarakan acara kelas nasional hingga internasional hari ini banyak hambatan yang dihadapi oleh Palembang dalam upayanya meningkatkan kunjungan wisatawan. Dalam menganalisis topik terkait dengan brand pariwisata “Charming Palembang” ini penulis akan menggunakan model Situation Analysis, Objectives, Strategy, Tactics, Action, dan Control (SOSTAC) dari Dave Chaffey dan Paul Russel Smith. Metode yang diambil pada penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan menggunakan studi kepustakaan. Hasil analisis menunjukkan Dinas Pariwisata Kota Palembang telah berupaya melakukan berbagai langkah untuk memperbaiki citra pariwisata Kota Palembang meskipun dalam beberapa momen tertentu terdapat sejumlah permasalahan yang membutuhkan koordinasi dan sinergi dari dinas terkait yang lain. Selain itu, Dinas Pariwisata Kota Palembang juga telah mengupayakan untuk menggunakan media promosi berbasis IT untuk mempermudah wisatawan yang akan mengunjungi Palembang. Dinas Pariwisata Kota Palembang juga telah membuat kalender even pariwisata yang nantinya diharapkan tidak hanya didengar gaungnya oleh wisatawan Nusantara tapi juga terdengar sampai ke mancanegara. Saran untuk penelitian berikutnya dapat melibatkan stakeholder lain seperti pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) yang kemudian dapat diukur keefektifan pesan terkait dengan branding ini apakah telah diketahui dan disadari oleh pelaku usaha mikro kecil dan menengah sebagai ujung tombak penggerak perekonomian
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 MEDIALOG: Jurnal Ilmu Komunikasi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors should sign copyright transfer agreement when they have approved the final proofs sent by MEDIALOG: Jurnal Ilmu Komunikasi prior the publication