PUBLISITAS POLITIK JOKOWI DALAM PEMILU 2024: ANALISIS PEMBERITAAN DI PANTAU.COM
DOI:
https://doi.org/10.35326/medialog.v7i2.5745Abstract
Penelitian ini menganalisis dampak publisitas politik terhadap Presiden Joko Widodo (Jokowi) melalui pemberitaan di Pantau.com dalam Pemilu 2024. Menggunakan teori framing cetusan Zhongdang, penelitian ini meneliti bagaimana Pantau.com membingkai citra politik Jokowi melalui berbagai teknik framing seperti sitaksis, tematik, retoris, dan script. Hasilnya menunjukkan bahwa media ini secara intensif memperhatikan Jokowi dalam pemberitaan politik, yang berpotensi memengaruhi persepsi publik terhadapnya. Meskipun belum secara langsung mengukur perubahan persepsi publik, penelitian ini memberikan wawasan tentang pentingnya analisis framing dalam konteks komunikasi politik digital. Implikasinya adalah pentingnya memahami bagaimana media online membentuk opini publik terhadap tokoh politik dalam kompetisi Pemilu yang sengit.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 MEDIALOG: Jurnal Ilmu Komunikasi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors should sign copyright transfer agreement when they have approved the final proofs sent by MEDIALOG: Jurnal Ilmu Komunikasi prior the publication