Analisis Keputusan Pembelian Celana Jeans Imitasi (Studi Kasus Konsumen Levi’s Imitasi di Pasar Kedungwuni Pekalongan)

Authors

  • Fara Adeliana Putri Adel Universitas Dian Nuswantoro

DOI:

https://doi.org/10.35326/medialog.v7i1.5102

Keywords:

keputusan pembelian, celana jeans

Abstract

Terdapat banyak produk imitasi  di Kabupaten Pekalongan yang mendapatkan perhatian dari konsumen, salah satunya adalah produk celana jeans Levi’s imitasi.Meskipun konsumen mengetahui produk tersebut imitasi, namun mereka tetap membelinya. Bahkan ada pilihan produk lokal tetapi konsumen mememilih produk imitasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keputusan pembelian produk celana jeans Levi’s imitasi dengan fokus. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan jenis penelitian yang digunakan adalah field research (penelitian lapangan). Subjek yang terlibat berjumlah tiga konsumen celana jeans Levi’s imitasi dan penentuan narasumber dengan menggunakan teknik pusposive sampling Data yang didapatkan dianalis dengan analisis deskriptif model Miles dan Hubberman. Hasilnya bahwa dinamika subjek dalam membeli celana jeans Levi’s imitasi dapat dilihat  melalui proses dan tahapan yaitu pengenalan masalah, pencarian informasi, evaluasi alternatif, keputusan pembelian dan pasca pembelian. Terdapat faktor-faktor yang menyebabkan mereka membeli produk jeans Levi’s imitasi yaitu harga yang murah, kualitas yang bagus, gaya hidup dan kebutuhan sehari-hari serta dukungan sosial.

 

 

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-04-01