Analisis Keputusan Pembelian Celana Jeans Imitasi (Studi Kasus Konsumen Levi’s Imitasi di Pasar Kedungwuni Pekalongan)
DOI:
https://doi.org/10.35326/medialog.v7i1.5102Keywords:
keputusan pembelian, celana jeansAbstract
Terdapat banyak produk imitasi di Kabupaten Pekalongan yang mendapatkan perhatian dari konsumen, salah satunya adalah produk celana jeans Levi’s imitasi.Meskipun konsumen mengetahui produk tersebut imitasi, namun mereka tetap membelinya. Bahkan ada pilihan produk lokal tetapi konsumen mememilih produk imitasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keputusan pembelian produk celana jeans Levi’s imitasi dengan fokus. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan jenis penelitian yang digunakan adalah field research (penelitian lapangan). Subjek yang terlibat berjumlah tiga konsumen celana jeans Levi’s imitasi dan penentuan narasumber dengan menggunakan teknik pusposive sampling Data yang didapatkan dianalis dengan analisis deskriptif model Miles dan Hubberman. Hasilnya bahwa dinamika subjek dalam membeli celana jeans Levi’s imitasi dapat dilihat melalui proses dan tahapan yaitu pengenalan masalah, pencarian informasi, evaluasi alternatif, keputusan pembelian dan pasca pembelian. Terdapat faktor-faktor yang menyebabkan mereka membeli produk jeans Levi’s imitasi yaitu harga yang murah, kualitas yang bagus, gaya hidup dan kebutuhan sehari-hari serta dukungan sosial.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 MEDIALOG: Jurnal Ilmu Komunikasi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors should sign copyright transfer agreement when they have approved the final proofs sent by MEDIALOG: Jurnal Ilmu Komunikasi prior the publication