HIPERREALITAS : ANALISIS KONTEN VIRAL DI KALANGAN CONTENT CREATOR TIKTOK

Authors

  • Retno Cahyaningrum Universitas Dian Nuswantoro
  • Devi Purnamasari Universitas Dian Nuswantoro

DOI:

https://doi.org/10.35326/medialog.v7i1.4965

Keywords:

Content Creator, Citra, Hiperrealitas, TikTok, Viral

Abstract

TikTok telah menjadi tempat lahirnya konten viral dan memunculkan realitas semu yang membuat penggunanya mengalami hiperrealitas. Tujuan penelitian ini ialah mengkaji tentang bagaimana  konten hiperrealitas di kalangan content creator TikTok menjadi viral. Penelitian ini mengobservasi 4 akun content creator TikTok diantaranya adalah @heyhest, @ibuhajat123, @ibnuwardani, dan @charys._.  Teori yang digunakan adalah teori Hiperrealitas oleh Jean Baudrillard. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa keempat akun yang diteliti telah menciptakan konten TikTok  yang memunculkan hiperrealitas melalui penggunaan filter, narasi cerita, pengaburan gender, dan penyamaran status sosial.  Konten hiperrealitas menjadi viral karena konsistensi content creator dalam membangun citra semu yang menarik perhatian pengguna untuk mencari tahu lebih lanjut, merespons, dan berinteraksi dengan konten tersebut. Algoritma TikTok kemudian  mengidentifikasi konten tersebut sebagai konten yang menarik dan menyebarluaskannya kepada lebih banyak pengguna. Disimpulkan bahwa masing-masing content creator memiliki perbedaan karakteristik konten hiperrealitas untuk dapat dikenal audiens. Akun @heyhest menciptakan konten hiperrealitas dengan mengaburkan status sosial, @ibnuwardani melalui narasi dramatis, @ibuhajat123 melalui cerita fiksi dan pengaburan gender, sedangkan  @charys._ melalui filter dan editing visual. Saran untuk penelitian mendatang ialah menganalisis secara mendalam terhadap respons pengguna dan melibatkan berbagai jenis data seperti wawancara dan survei, serta mengeksplorasi dampak konten hiperrealitas terhadap persepsi realitas dan identitas pengguna TikTok.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-04-01