Implementasi E-WoM Melalui Whatsapp Business Pada Cahaya Mobil

Authors

  • Devara Sulthan Adham Universitas Dian Nuswantoro

DOI:

https://doi.org/10.35326/medialog.v7i1.4959

Abstract

Perkembangan jual beli mobil bekas mengalami kenaikan yang pesat, pedagang mobil semakin hari juga bertambah efek dari peningkatan penjualan mobil bekas. Peningkatan ini dimulai ramainya sosial media 3 tahun ke belakang, mudahnya penggunaan sosial media dan informasi yang cepat tentu menjadi pilihan bagi Masyarakat yang ingin melakukan pemasaran salah satunya pemasaran jual beli mobil bekas. Adanya fenomena tersebut membuat para pedagang berlomba untuk mendapatkan minat calon customer. CV Cahaya Mobil merupakan salah satu pedagang mobil yang turut andil dalam persaingan dagang mobil bekas. CV Cahaya Mobil memiliki strategi pemasaran sendiri dalam melakukan pemasaran yaitu dengan melalui Whtasapp Business untuk meningkatkan penjualan mobil bekas. Whatsapp Business dipilih sebagai aplikasi komunikasi oleh CV Cahaya Mobil karena aplikasi ini sering dan banyak digunakan oleh Masyarakat, sehingga CV Cahaya Mobil lebih berfokus kepada Whatsapp Business untuk melakukan pemasaran. CV Cahaya Mobil menggunakan teknik komunikasi pemasaran 7P yaitu Product, Price, Promotion, Place Distribution, Participant, Process, dan Physical Evidence. Dalam pemasaran CV Cahaya Mobil juga menggunakan cara afiliasi antar pedagang, dengan kerja sama antar pedagang lain untuk memasarkan mobil. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan bagaimana strategi pemasaran yang dilakukan CV Cahaya Mobil dengan menggunakan Whatsapp Business. Penelitian ini menggunakan teori E-WoM Komunikasi Pemasaran dan didukung metode penelitian kualitatif deskriptif dengan melakukan wawancara untuk mengumpulkan data dari narasumber

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2024-04-01