Implementasi E-WoM Melalui Whatsapp Business Pada Cahaya Mobil
DOI:
https://doi.org/10.35326/medialog.v7i1.4959Abstract
Perkembangan jual beli mobil bekas mengalami kenaikan yang pesat, pedagang mobil semakin hari juga bertambah efek dari peningkatan penjualan mobil bekas. Peningkatan ini dimulai ramainya sosial media 3 tahun ke belakang, mudahnya penggunaan sosial media dan informasi yang cepat tentu menjadi pilihan bagi Masyarakat yang ingin melakukan pemasaran salah satunya pemasaran jual beli mobil bekas. Adanya fenomena tersebut membuat para pedagang berlomba untuk mendapatkan minat calon customer. CV Cahaya Mobil merupakan salah satu pedagang mobil yang turut andil dalam persaingan dagang mobil bekas. CV Cahaya Mobil memiliki strategi pemasaran sendiri dalam melakukan pemasaran yaitu dengan melalui Whtasapp Business untuk meningkatkan penjualan mobil bekas. Whatsapp Business dipilih sebagai aplikasi komunikasi oleh CV Cahaya Mobil karena aplikasi ini sering dan banyak digunakan oleh Masyarakat, sehingga CV Cahaya Mobil lebih berfokus kepada Whatsapp Business untuk melakukan pemasaran. CV Cahaya Mobil menggunakan teknik komunikasi pemasaran 7P yaitu Product, Price, Promotion, Place Distribution, Participant, Process, dan Physical Evidence. Dalam pemasaran CV Cahaya Mobil juga menggunakan cara afiliasi antar pedagang, dengan kerja sama antar pedagang lain untuk memasarkan mobil. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan bagaimana strategi pemasaran yang dilakukan CV Cahaya Mobil dengan menggunakan Whatsapp Business. Penelitian ini menggunakan teori E-WoM Komunikasi Pemasaran dan didukung metode penelitian kualitatif deskriptif dengan melakukan wawancara untuk mengumpulkan data dari narasumber
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 MEDIALOG: Jurnal Ilmu Komunikasi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors should sign copyright transfer agreement when they have approved the final proofs sent by MEDIALOG: Jurnal Ilmu Komunikasi prior the publication