REPSENTASI FEMINSME PEREMPUAN PADA FILM BARBIE 2023 (ANALISIS SEMIOTIKA ROLAND BARTHES)
DOI:
https://doi.org/10.35326/medialog.v7i1.4894Keywords:
Analisis Semiotika, Roland BarthesAbstract
ABSTRAK
Film merupakan bagian dari komunikasi massa yang banyak diminati semua khalayak umum atau masyarakat selain televisi.
Film termasuk salah satu media komunikasi masa yang digunakan tidak hanya untuk mendapatkan informasi, namun
sering digunakan sebagai sarana edukasi atau pendidikan serta hiburan bagi khalayak atau masyarakat yang melihat
film. Penelitian dengan judul Representasi Feminisme Perempuan Pada Film Barbie 2023 (Analisis Semiotika Roland
Barthes). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui representasi feminisme perempuan pada film Barbie 2023
dan serta menemukan makna serta tanda-tanda yang terkandung pada film Barbie 2023 dalam menampilkan feminisme.
Teori yang digunakan peneliti adalah teori semiotika. Objek pada penelitian ini yang digunakan penelitian ini yaitu film
Barbie 2023, yang merupakan film produksi Amerika Serikat oleh perusahaan film Warner Bos. Gambar pada tahun
2023 dengan durasi 1 jam 54 menit. Metode yang digunakan pada pnelitian ini adalah metode kulitatif deskriptif dengan
teknik analisis semiotika Roland Barthes. Fokus penelitian yaitu tanda pada adegan film Barbie ini yang mengandung
makna konotasi,denotasi serta mitos yang terdapat pada film Barbie. Peneliti mengambil 5 adegan untuk dianalisis, hasil
yang diperoleh dalam penelitian ini adalah tokoh Barbie memahami perempuan dalam kehidupan yaitu, perempuan
bisa menjadi apa saja dengan cita-cita dan harapan yang berbeda-beda, perempuan sosok pemimpin dan juga perempuan
dalam membela dirinya masing-masing, dijelaskan dalam gerak, dialog, ekspresi, alur cerita, latar, dan pengambilan
gambar (menembak).
Kata Kunci: Film, Perempuan, Representasi, Semiotika, Feminisme
Downloads
Downloads
Published
Versions
- 2024-02-27 (2)
- 2024-04-01 (1)
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 MEDIALOG: Jurnal Ilmu Komunikasi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors should sign copyright transfer agreement when they have approved the final proofs sent by MEDIALOG: Jurnal Ilmu Komunikasi prior the publication