PENGARUH TERPAAN KONTEN TIKTOK FASHION HAUL TERHADAP PERILAKU IMPULSIVE BUYING PADA REMAJA PEREMPUAN
DOI:
https://doi.org/10.35326/medialog.v7i1.4743Abstract
Munculnya TikTok pada kehidupan bermasyarakat mempermudah masyarakat dalam mengakses dan mendapatkan informasi melalui smartphone-nya. Tanpa disadari setiap harinya masyarakat diterpa oleh beribu konten dengan berbagai macam bentuk, ide, dan sajian yang terputar di berandanya. Tak heran juga perkembangan dari media sosial yang ada melahirkan banyak platform belanja online yang membuat masyarakat membeli produk secara tergesah tanpa merencanakan pembelian terlebih dahulu dimana fenomena tersebut dikenal dengan sebutan “Impulsive Buying”. Penelitian ini menggunakan konsep dasar model teori yaitu komunikan menerima serta merasakan sesegera mungkin dengan terarah oleh efek media massa. Jenis penelitian ini ialah kuantitatif dengan menggunakan analisa koefisien korelasi serta analisis regresi linear sederhana untuk mencari pengaruh diantara kedua variabel yakni terpaan konten tiktok fashion haul (variable x) dengan perilaku impulsive buying (variable y). Lokasi yang dipilih adalah Kota Surabaya dengan menggunakan sumber data primer dan sekunder yang memiliki total responden sebanyak 100 remaja perempuan. Hasil dari penelitian ini menampakkan bahwa terdapat pengaruh diantara kedua variable dependent dan independent dengan nilai pearson correlation sebesar 0,292 dengan nilai sig. (2-tailed) 0.003 serta dari hasil analisis regresi linear sederhana yang dilakukan dapat diketahui terdapat persamaan Y = 44.997 + 0,305X yang artinya bahwa ada pengaruh dari terpaan konten tiktok fashion haul terhadap perilaku impulsive buying remaja perempuan di Kota Surabaya. Arah hubungan diantara keduanya ialah satu arah dan bersifat positif dimana apabila terpaan konten tiktok fashion haul naik, maka perilaku impulsive buying juga ikut naik dan begitu pula sebaliknya.
Downloads
Downloads
Published
Versions
- 2024-04-06 (3)
- 2024-04-06 (2)
- 2024-04-01 (1)
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 MEDIALOG: Jurnal Ilmu Komunikasi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors should sign copyright transfer agreement when they have approved the final proofs sent by MEDIALOG: Jurnal Ilmu Komunikasi prior the publication