PENGARUH PESAN HOAX DI MEDIA SOSIAL TERHADAP SIKAP MAHASISWA

(Studi Kasus Pada Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Makassar)

Authors

  • Syukri Syukri Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Ahmad Syarif Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Fitriani H Universitas Muhammadiyah Makassar

DOI:

https://doi.org/10.35326/medialog.v6i2.4361

Keywords:

Pesan, Hoax, Media Sosial

Abstract

Mudahnya khalayak mengakses dan menyebarkan segala pesan, mengesampingkan penyaringan pesan sehingga tidak sedikit pengguna media sosial menyebarkan pesan palsu atau biasa dikenal dengan istilah Hoax. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Tipe penelitian ini menggunakan korelasi analisa regresi linear sederhana dengan maksud mencari pengaruh antara variabel independen (X) dengan variabel dependen (Y), Lokasi penelitian dilakukan langsung di Universitas Muhammadiyah Makassar. Adapun sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah sumber data primer dan sumber data sekunder dengan jumlah responden sebanyak 130 Mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh antara variabel bebas dan terikat pada penelitian ini. Diperoleh nilai dari hasil uji signifikansi regresi parsial (uji t) nilai Sig. variabel X (pesan hoax di media sosial) adalah 0.001 < 0.05 dengan nilai t hitung 2.758 > 1.978 (t tabel), Kemudian nilai pearson correlation ialah 0,254 dengan nilai sig. (2-tailed) 0.001. Perolehan skor tersebut mengandung arti bahwa variabel bebas Pesan Hoax di Media Sosial memiliki korelasi terhadap variabel terikat Sikap Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Makassar.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-08-28