Personal Branding K-Pop Influencer @gebysrikandii di Instagram

Authors

  • Az-Zahra Nabilla Maharani Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur
  • Ade Kusuma

DOI:

https://doi.org/10.35326/medialog.v6i2.4355

Keywords:

Personal Branding, K-Pop Influencer, Instagram

Abstract

K-Pop Influencer merupakan sebutan untuk influencer atau pemengaruh yang kontennya mayoritas bertemakan budaya korea populer sebagaimana dampak dari fenomena Hallyu Wave yang sudah mendunia. Sebagai influencer diperlukan adanya pembentukan personal branding agar dapat bersaing dengan para kompetitornya. Penelitian ini membahas tentang bagaimana personal branding K-Pop Influencer @gebysrikandii melalui akun Instagramnya. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Teori yang digunakan pada penelitian ini yakni 8 Laws of Personal Branding menurut Montoya dan 3 Karakteristik Personal Branding yang Kuat menurut David McNally & Karl D. Speak. Sumber data pada penelitian ini didapatkan dengan dokumentasi pada feed Instagram @gebysrikandii yang bertagar #UmiJalanJalan. Hasil dari penelitian ini ditemukan bahwa terdapat 7 konsep personal branding yang ditampilkan oleh Geby Srikandi, yaitu konsep spesialisasi, kepribadian, perbedaan, terlihat, kesatuan, keteguhan dan nama baik namun pada postingan Instagram di akun @gebysrikandii peneliti tidak menemukan adanya konsep kepemimpinan. Peneliti juga menemukan bahwa Geby Srikandi pada Instagramnya @gebysrikandii  memenuhi 3 karakteristik yang mendasari pembentukan personal branding yang kuat, yaitu terdapat kekhasan, relevansi dan konsistensi.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-08-28