JUDUL BERITA BIAS DI MEDIA SERAMBINEWS.COM ANALISIS WACANA KRITIS MODEL SARA MILLS RUBRIK SELEBRITI

Authors

  • Syahril Furqany Universitas Islam Negeri Ar-Raniry
  • Syukur Kholil Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.35326/medialog.v6i2.3757

Keywords:

berita bias, analisis wacana

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji judul berita bias di media Serambinews.com dengan menggunakan analisis wacana kritis model Sara Mills.  Rubrik selebriti ini biasanya adalah berta saduran dari media lain yang dalam satu jaringan. Sebagai salah satu media berita yang besar di Aceh harusnya dalam membuat judul berita harus Metode penelitian menggunakan analisis Wacana Kritis Sara Mills dengan pendekatan tingkatan kata, kalimat atau frasa, dan tingkatan wacana. Hasil penelitian menunjukkan pertama Berita cenderung menampilkan sensualitas, mengungkit kesalahan yang pernah dilakukan pada masa lalu. Menampilkan wanita adalah seolah seseorang yang berperan sebagai bintang dalam adegan-adegan sensual. Kedua,  Berita seolah membenarkan hubungan sebelum menikah, dengan menampilkan judul yang mengarah kepada saling sayang-sayangan. Serta mengangkat kasus yang memang sedang viral di dunia maya. Ketiga, Mengangkat berita tentang perceraian artis yang telah bercerai, berita diambil dari perspektif perempuan yang layak untuk di rayu oleh orang lain karena sedang berstatus janda. Sebenarnya yang sedang menjadi objek dalam pemberitaan itu adalah status di perempuan tersebut. Keempat, Mengarah pada berita-berita yang tidak selayaknya untuk diberitakan, dukungan terkait dengan LGBT. Berita yang seperti ini tidak perlu di naikkan menjadi konsumsi masyarakat Aceh.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-08-28