PENGARUH MEDIA SOSIAL INSTAGRAM ONLINE SHOP TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF SISWI SMAN 1 MAKASSAR
DOI:
https://doi.org/10.35326/medialog.v2i2.326Keywords:
Media Sosial, Instagram, Perilaku Konsumtif.Abstract
Penelitian ini bertujuan mengetahui dan menganalisis (1) persepsi kemudahan penggunaan pada instagram sebagai media online shop; (2) persepsiĀ manfaat penggunaan instagram sebagai media online shop; dan (3) kualitas online shop pada instagram terhadap perilaku konsumtif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Metode survei merupakan riset yang menggunakan kuisioner sebagai alat instrumen pengumpul data yang bertujuan untuk memperoleh informasi tentang sejumlah responden yang dianggap mewakili populasi tertentu. Populasi dalam penelitian adalah siswi kelas X, XI, dan XII SMAN 1 Makassar. Sampel yang diambil berjumlah 137 orang dengan teknik pengambilan sample probabilitas. Analisis regresi linear berganda digunakan untuk menganalisis signifikansi dan arah pengaruh kemudahan penggunaan, manfaat penggunaan, dan kualitas online shop terhadap perilaku konsumtif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dan positif peresepsi kemudahan penggunaan, manfaat penggunaan instagram sebagai media online shop dan kualitas online shop di instagram terhadap perilaku konsumtif. Hal ini dibuktikan dari nilai signifikansi 0,000 < 0,05 dan niali R-Square sebesar 0,970 yang artinya variabel kemudahan penggunaan, manfaat penggunaan, kualitas online shop, dan frekuensi akses bersama-sama mempengaruhi perilaku konsumtif sebesar 97%. Sisanya 3% (100-97) dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors should sign copyright transfer agreement when they have approved the final proofs sent by MEDIALOG: Jurnal Ilmu Komunikasi prior the publication