ANALISIS HUBUNGAN KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN ETIKA KOMUNIKASI MAHASISWA DALAM MENCIPTAKAN ATMOSFER AKADEMIK DI UNIVERSITAS ISLAM MAKASSAR

Authors

  • L.M Novrianto S 1) Universitas Muhammadiyah Buton

DOI:

https://doi.org/10.35326/medialog.v2i2.323

Keywords:

Atmosfer Akademik, Kecerdasan Emosional, Etika Komunikasi

Abstract

Penelitian ini untuk mengetahui hubungan kecerdasan emosional dengan etika komunikasi dalam menciptakan atmosfer akademik. Penelitian ini dilakukan dilalukan di Universitas Islam Makassar dengan  menggunakan mixed method. Sampel sebanyak 67 orang yang terdiri dari mahasiswa, dosen, dan pimpinan kampus. data dianalisis secara deskriptif korelasi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara  kecerdasan emosional dan etika komunikasi dalam kaitannya dengan penciptaan atmosfer akademik (p-values =0.000). Dimensi kecerdasan emosional yang memberikan pengaruh yang paling tinggi adalah membina hubungan dengan orang lain (social skill) sebesar 74,9 %, dan yang paling kecil adalah mengelolah emosi (managing emotion ) sebesar 20.9%. Sumbangan kecerdasan emosional secara keseluruhan terhadap etika komunikasi sebanyak 69.1% selebihnya 30.9% dipengaruhi oleh faktor lain. Dalam menciptakan atmosfer akademik, universitas tidak cukup hanya meningkatkan IQ (kecerdasan intelektual) saja tetapi juga perlu meningkatkan EQ (kecerdasan emosional) bagi mahasiswa.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2019-06-29

Issue

Section

Articles